Yudi Syamhudi : Gerakan Pribumi Bangkit Sebagai Alternatif

0
360

Inapos, Jakarta.- Bangkitnya pribumi sebagai gerakan sekaligus bersatunya aktivis dan ulama mulai membuat rezim Jokowi gerah, panik dan gemetar.

Ini mulai terjadi ketika pada 28 Oktober 2017, diadakannya ikrar Kebangkitan Pribumi yang dilakukan 80 lebih Ormas dan Organisasi Pergerakan di Gedung Joang 45, Jakarta.

Begitulah Yudi Syamhudi Suyuti Ketua Musyawarah Rakyat Indonesia (MRI) melihatnya, Yudi juga mengatakan, bersatunya organisasi ini terjadi secara spontan dan tidak ada satu personpun yang menjadi penanggung jawabnya. Istilahnya, ini adalah satu gerakan kesadaran bersama dari Rakyat Pribumi,” ucap Yudi dalam pesannya, Jumat (03/11/17).

Ketakutan rezim Jokowi ini ditunjukkan dengan mulai mengawasi dan memantau gerakan Pribumi Bangkit. Diko Nugroho, salah satu peserta ikrar yang juga Panglima Forum Syuhada Indonesia (FSI) mengatakan bahwa aparat kepolisian mulai memantau gerakan Pribumi Bangkit. Ini dia katakan saat setelah melakukan wajib lapor di Polda Metro Jaya, dimana Polisi menyampaikan ke Diko.

“Kebangkitan Pribumi ini memang tidak main-main. Karena ini akan mendorong posisi tawar Rakyat Pribumi terhadap Negara sebagai bentuk memperkuat Hak-Hak Rakyat Pribumi,” lanjutnya.

Secara politik, posisi tawar Rakyat Pribumi yang di inisiasi oleh 80 lebih ormas ini akan menentukan arah politik ke depannya. Khususnya dalam proses suksesi kekuasaan Negara, dimana Rakyat mulai nampak perjuangannya untuk mencapai kedudukannya sebagai Pemilik Negara.

Apalagi, sambungnya, “disaat Rakyat mulai sadar bahwa terjadi penguasaan Negara oleh Para Konglomerat Taipan yang menempatkan orang-orangnya di pos-pos kekuasaan Negara,” tegas Yudi.

Posisi tawar ini akan menjadi kekuatan yang luar biasa, apalagi saat ini sedang dirumuskan konsep ratifikasi Hukum Internasional tentang Pribumi untuk diperjuangkan menjadi UU Pribumi oleh 80 lebih Ormas ini.

Ini menunjukkan bahwa Gerakan Pribumi Bangkit bukan hanya bergerak ditataran issue, melainkan sudah beranjak pada perjuangan politik riil. “Yaitu pada pencapaian secara material. Dan tentu gerakan Pribumi Bangkit ini menjadi gerakan politik alternatif yang berpotensi menjadi arus utama dalam Politik Rakyat dan Politik Negara di era sekarang,” tutup Yudi. (Elwan)