Yoseph Umarhadi Gencar Sosialisasikan Program BSPS

0
191

KABUPATEN CIREBON.- Anggota Komisi V DPR RI Dr. Yoseph Umarhadi, M. Si., MA., lakukan sosialisasi Program Bantuan Stimulasi Perumahan Swadaya (BSPS) di Desa Tanjunganom, Kecamatan Pasaleman, Kabupaten Cirebon, Selasa (19/2).

Dalam sosialisasi tersebut, hadir Kasubdit Pendataan dan Verifikasi Direktorat Rumah Swadaya Dirjen penyediaan perumahan Kementerian PUPR, Rubiyo, Camat Pasaleman, Kuwu Tanjunganom, Kapolsek Pasaleman dan masyarakat Desa Tanjunganom.
 
Anggota Komisi V DPR RI Dr. Yoseph Umarhadi, M. Si., MA mengatakan, Pemerintah pusat dan DPR RI mengupayakan semua Rumah Tidak Layak Huni yang ada di Indonesia bisa tuntas. Meskipun berjalan bertahap karena mengingat jumlahnya sangat besar, akan tetapi pihaknya optimis bisa terselesaikan dengan baik.
 
“Tentunya kami optimis program ini bisa selesai,” ujar Kang Yoseph sapaan akrabnya usai memberikan materi program BSPS kepada masyarakat.
 
Dijelaskan Yoseph, Ada 3,4 juta unit rumah tidak layak huni yang ada di Indonesia, untuk itu pihaknya mengalokasikan program ini sesuai kemampuan anggaran yang ada. Kemampuan untuk saat ini rata-rata 200-300 ribu unit per tahun, jadi ini bisa sampai dengan 10 tahun baru bisa terselesaikan.
 
“Kalau ada dukungan anggaran dari Komisi V, maka akan mungkin bisa 500 atau 1juta per tahun sehingga dalam tempo beberapa tahun bisa selesai,” jelasnya.
Yoseph menyebutkan, khusus di Jawa Barat ini anggaran yang digelontorkan sebesar 1 triliyun bahkan lebih, paling tidak untuk di Cirebon sebanyak 4000 ribu unit. Tetapi jumlah jumlah rutilahu di Kabupaten Cirebon ini masih puluhan ribu.
“Di Kabupaten Cirebon Rutilahu paling banyak ada dibagian Timur khususnya di wilayah Kecamatan Pasaleman, Ciledug, Waled, tetapi
sebaran program ini harus seimbang dengan diwilayah Barat,” ujar Yoseph.
Ditambahkan Yoseph, jika pada tahun 2019
Anggaran untuk program BSPS  meningkat dari 15 juta sekarang menjadi 17,5 juta.
“Saya optimis dan yakin bantuan ini berhasil,” pungkasnya.
Usai lakukan sosialisasi, Anggota Komisi V Dr. Yoseph Umarhadi beserta jajaran Kementerian PUPR, Camat Pasaleman, Kuwu Tanjunganom meninjau beberapa rumah warga yang telah mendapatkan program BSPS pada tahun 2018 lalu. (Kris)


Komentar Anda?