Yoseph Dorong Keraton Gebang Menjadi Destinasi Wisata Budaya

0
231
KABUPATEN CIREBON.- Keraton Gebang merupakan aset budaya dan memiliki nilai sejarah yang harus dilestarikan, dijaga dan dikembangkan oleh semua komponen. Karena ini merupakan suatu sarana yang efektif untuk mengimplementasikan pancasila sebagai ideologo kita bersama untuk selalu menghormati sebuah tradisi.

 

Hal tersebut dikemukakan Anggota Komisi V DPR RI Drs. Yoseph Umarhadi usai mengikuti rangkaian kegiatan Haul Pangeran Suratajaya di Gebang, Kabupaten Cirebon, Minggu (9/12).
“Saya sangat berbahagia bisa mengikuti jalannya kegiatan ini. Disamping itu, kegiatan ini menjadi sarana untuk mempererat silaturahmi dan menjadi pemersatu bangsa tanpa melihat suku, ras maupun agama,” ujar Yoseph kepada awak media disitus makam Pangeran Sutajaya.
Masih kata Yoseph, Situs Keraton Gebang ini sangat membutuhkan perhatian dari berbagai pihak, untuk renovasi bangunan, segi akses jalan, sehingga akan menjadi aset budaya dan destinasi wisata dari sisi keagamaan, kebudayaan bahkan perekonomian perdagangan.
“Saya berharap dari mulai pemerintah daerah, provinsi bahkan pusat untuk mendukung agar kegiatan ini menjadi agenda tahunan dan bisa dijadikan ikon bagi masyarakat Cirebon Timur,” kata Yoseph.
Yoseph menambahkan, jika hal ini akan banyak kementerian yang akan terlibat dalam pengembangan Keraton Gebang, mulai dari  Kemendagri, Kementerian Pariwisata, Kementerian Desa, Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan juga akan melakukan penataan, baik itu jalannya dan lain lain dalam mewujudkan Destinasi Pariwisata religi maupun budaya khususnya di wilayah Gebang Cirebon.
“Saya Anggota Komisi V DPR RI yang bekerjasama dengan Kementerian PUPR khususnya bidang cipta karya memiliki titik sambung yang dekat untuk menjaga dan merenovasi serta mempertahankan cagar budaya ini,” pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?