Wujudkan Masyarakat Melek Hukum, LPBHNU Kota Cirebon Gelar Pelatihan Paralegal

0
253

KOTA CIREBON.- Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBH NU) Kota Cirebon gelar pelatihan tingkat dasar paralegal bertempat di Hotel Intan, Kota Cirebon, Minggu (4/10/20).

Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan agar masyarakat melek hukum, selain itu juga membangun jaringan kerja paralegal dengan jaringan hukum melalui bantuan hukum.

Ketua Tanfidziah PCNU Kota Cirebon, Kyai Yusuf, SE mengapresiasi kegiatan yang dihelat LPBHNU gelar pelatihan paralegal sebagai upaya mewujudkan masyarakat melek hukum.

“Paralegal nantinya akan membantu masyarakat yang selama ini belum melek akan hukum,” ujar Yusuf saat memberikan sambutan.

LPBHNU Kota Cirebon, lanjut dia, harus lebih meningkatkan lagi kreatifitasnya, yang jelas paralegal ini harus dapat memberikan bantuan hukum kepada masyarakat yang kurang mampu.

“Yang namanya NU itu prinsipnya harus bermanfaat bagi manusia lain, yang jelas manfaatnya dapat disalurkan tidak hanya di internal NU saja tetapi juga untuk masyarakat umum,” jelasnya.

Masih kata Yusuf, hukum itu tidak pandang bulu baik masyarakat kalangan atas maupun masyarakat biasa. Jadi, kegiatan ini diharapkan paralegal ini harus menegakkan keadilan terutama untuk masyarakat tidak mampu.

“Intinya harus menunjukkan keadilan membantu masyarakat lemah yang perlu bantuan. LPBH NU juga sudah melaporkan ke saya sudah banyak dibantu,”paparnya.

Yusuf menambahkan, kegiatan ini tidak akan berhenti sampai disini dan akan dilanjutkan ketingkat lebih tinggi lagi, nantinya akan ada program ngaji hukum.

“Tentunya tidak berhenti ditingkatkan dasar nanti akan dilanjutkan ke tingkat lain, jangan sampai berhenti dan harus Istiqomah tingkatkan kegiatan ini karena sudah bagus,” imbuhnya.

Sementara itu Ketua LPBHNU Kota Cirebon H. Rasjid, SH., kegiatan ini diikuti peserta dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari perwakilan universitas yang ada di Kota Cirebon, perwakilan seluruh pesantren, karang taruna SE Kota Cirebon dan perwakilan dari media massa.

“Alhamdulillah peserta tadinya hanya 40 orang tapi yang datang dan tercatat ada 69 orang. Berarti antusiasme masyarakat Kota Cirebon benar-benar menginginkan masyarakat yang melek hukum,” ujar Rasjid.

Pihaknya bertekad untuk membela masyarakat kecil dalam melakukan bantuan hukum, dan juga mengenalkan hukum kepada lapisan yang paling bawah.

“Kita disini mencoba memperkenalkan kepada setiap lapisan masyarakat baik itu RT/RW yang merupakan target kami agar dapat mengerti akan hukum,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut mengundan enam narasumber diantaranya Prof.Ibnu Artadi, Dani Mardani, SH., Iptu Omang SH., MH, Rasjid, Djunaedi, SH., dan Eko Supajandi, SH.

(Kris)