Wisata Kebun Jeruk Jadi Destinasi Wisata Andalan

0
436

SUKABUMI,- Anda warga Sukabumi yang memiliki hobi berwisata bernuansa alam perkebunan, Wisata Kebun Jeruk yang terletak di Desa Cipamingkis Kecamatan Sukalarang Kabupaten Sukabumi, anda akan dimanjakan dengan adanya berbagai jenis jeruk yang ada di kebun seluas 1,2 hektare tersebut.

Pengelola agrowisata Ade Warsa mengatakan, sejak dibukanya destinasi wisata perkebunan jeruk Agustus 2017 yang lalu, banyak wisatawan baik dari dalam dan luarkota Kabupaten Sukabumi berkunjung ke lokasi wisata edukasi perkebunan jeruk tersebut.

“Alhamdulilah lokasi ini sudah menjadi salah satu destinasi yang banyak disukai oleh warga masyarakat baik dalam maupun luarkota,” katanya.

Dilokasi ini, lanjut Ade, para wisatawan dapat memetik buah jeruk langsung dari pohonnya, selain itu, tempat wisata yang terletak sekitas 20 kilometer dari pusat Kota Sukabumi itu, juga dilengkapi dengan pemandu wisata, sehingga wisatawaan dapat memperoleh berbagai informasi terkait dengan perkebunan jeruk tersebut.

“Para wisatawan dapat belajar langsung dari para pemandu terkait dengan tata cara berkebun, sehingga informasi yang didapat bisa bermanfaat bagi para wisatawan yang tertarik untuk berkebun,” ujar Ade saat ditemui di agrowisata kebun jeruk Kamis (7/3/19).

Ia mengungkapkan, jeruk Sukabumi terbilang unik. Bisa dipanen setiap waktu, tidak mengenal musim. Rasanya segar, lebih dominan manis dibanding rasa asamnya. Selain itu ia mengungkapkan, puluhan hingga ratusan wisatawan dari berbagai daerah datang ke tempat wisatanya. Namun, kebun jeruk miliknya hanya dapat dikunjungi oleh masyarakat pada hari Sabtu dan Minggu saja.

“Terkadang, banyak yang suka sama buah jeruk tapi gak tahu jeruknya berasal dari mana atau ditanam dari mana. Padahal dari kebun kita juga sering memasok untuk pasar di Sukabumi dan beberapa daerah di luar Sukabumi,” ungkapnya.

Ade menambahkan, ia mematok biaya sebesar Rp 10 ribu per orang dewasa dan Rp 5 ribu untuk anak-anak. Beberapa pengunjung mengaku puas berkunjung di kebun Jeruk ini. Selain mendapatkan jeruk, para pengunjung juga bisa menikmati suasana kebun serta ada yang menjadikannya sebagai tempat piknik bersama rekan, keluarga, atau rombongan dari sekolahan.

“Ya saya sih bersyukur pada akhirnya tempat ini bisa bermanfaat buat banyak orang juga,” pungkasnya.(Eko Arief)


Komentar Anda?