Rabu, Juni 19, 2024

Warga Tionghoa Kunjungi Makam Putri Ong Tien Nio

Date:

Share post:

KABUPATEN CIREBON.- Masih dalam rangka perayaan Cap Go Meh, warga Etnis Tionghoa mengadakan kunjungan ziarah ke makam Putri Ong Tien Nio dan Sunan Gunung Jati, atau yang dibertajuk “Grebeg Ngunjung Putri Ong Tien Nio.” di Komplek Makam Sunan Gunung Jati, sabtu (3/2). 

Ada serangkaian kegiatan yang akan dilakukan dalam ziarah tersebut, diantaranya menyimak dejarah putri Ong Tien Nio, melakukan doa bersama, tabur bunga, Surak (sawer) serta pembagian angpaw kepada masayarakat.
Dalam sambutannya Ketua Panitia Keraton Singhapura R. Udin Khaenundin mengatakan acara tersebut bertujuan untuk mengimplementasikan nilai yang terkandung dalam Bhineka Tunggal Ika, serta akan lebih mengenal tentang sejarah Cirebon.
“Cirebon merupakan daerah multi etnik karena terdiri dari berbagai macam budaya, hingga Pangeran Cakrabuana menamakan Cirebon sebagai “Caruban” yang artinya adalah Campuran,” ungkapnya.
Sementara itu Plt. Bupati Cirebon Selly A. Gantina dalam sambutannya menuturkan kegiatan tersebut memiliki makna yang dalam, mengingat Cirebon merupakan daerah yang memiliki banyak kebudayaan.
“Kebudayaan menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan, oleh karenanya kegiatan melestarikan budaya harus terus dilakukan agar masyarakat tahu akan bagaimana berdirinya Cirebon,” tutur Selly.
Untuk diketahui puluhan warga etnis Tionghoa antusias ikuti jalannya proses Grebeg Ngunjung Putri Ong Tien Nio yang baru pertama kali dilakukan. (Kris).
spot_img

Related articles

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama Forkopimda

JAKARTA.- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.I.K. pimpin Upacara Pembukaan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024...

Pertamina RU VI Balongan Tebar 132 Hewan Kurban, Bantu Masyarakat Sekitar Merayakan Iduladha

BALONGAN.- Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali...

Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 22 Miliar di Jakarta Barat

JAKARTA.- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp 22 miliar di...

Rutan Cirebon Rayakan Iduladha 1445 H dengan Berbagai Kegiatan dan Pembagian Daging Kurban

KOTA CIREBON.- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon melaksanakan perayaan Idul Adha 1445 H pada 10 Zulhijah...