Warga Lebih Fokus Ke Pilpres Ketimbang Pileg

0
379

KOTA SUKABUMI.- Pengetahuan warga masyatakat terkait pelaksanaan Pemilu (Pemilihan Umum) serentak 17 April 2019 mendatang, lebih tertuju pada perkembangan Pemilihan Pilpres (Presiden dan Wakil Presiden) saja, padahal dalam momen pesta demokrasi tersebut banyak terdapat perkembangan politik lainnya.

 

Demikian dikatakan Ketua DPD (Dewan Pimpinan Daerah) PAN (Partai Amanat Nasional) Kota Sukabumi, ia mengatakan kondisi tersebut merupakan aktualitas yang terjadi di tengah – tengah warga masyarakat saat ini.

“Masyarakat cenderung lebih mengetahui perkembangan pelaksanaan pilpres ketimbang pileg, hal ini yang kemudian harus menjadi PR besar penyelenggara pemilu,” katanya.

Mantan wartawan salah satu media cetak ini mengungkapkan, jika tidak segera dilakukan sosialisasi lebih jauh terhadap warga masyarakat, jelas hal ini akan berdampak pada berkurangnya partisipasi pemilih terhadap pelaksanaan pileg tersebut.

“Selain mengaku pusing karna banyak Calon Legislatif (Caleg), mereka juga mengaku kurang begitu mengetahui jenis kertas suara yang akan diterimanya nanti,” ujar Bang Faizal saat dihubungi selulernya Minggu (24/2/19).

Ia menilai sosialisasi Pileg oleh KPU kurang nendang. Banyak masyarakat awam yang tidak paham tentang hal-hal yang berkaitan dengan tatacara pelaksanaan Pileg termasuk dalam mengidentifikasi kertas suara.

“Makanya, ditekankan Faizal, penting bagi KPU untuk mendahulukan penghitungan suara Pileg dari pada penghitungan suara Pilpres,” pungkasnya. (Eko Arief)