Tim SAR Unit Siaga Rembang bersama aparat kewilayahan saat menemukan jasad warga Desa Sulang yang hanyut terbawa arus derasnya Sungai Sulang, Minggu (13/11). (Foto dok. Hms BASARNAS Smg)

Semarang, Inapos.com – Sarmin (68) laki – laki asal Tegalgede RT 02/ RW 06 Desa Sulang, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, dilaporkan tenggelam di Sungai Sulang pada Sabtu (12/11) petang, dan pukul 07.20 WIB berhasil ditemukan tim SAR gabungan dalam keadaan meninggal dunia, Minggu ( 13/11/21022).

Kepala Kantor SAR Semarang, Heru Suhartanto, kepada awak media menceritakan kronologi kejadian, Sabtu (12/11) sekitar pukul 17.00 WIB Sarmin bersama 2 orang temannya hendak pulang dari sawah dengan cara berenang melintasi Sungai Sulang.

Cara tersebut biasa mereka lakukan karena jalur itu adalah yang tercepat. Biasanya Sungai Sulang tidak terlalu dalam dan berarus landai. Namun, pada saat kejadian karena habis hujan, kondisi sungai mengalami kenaikan dan berarus cukup deras.

“Dua orang berhasil menyebrang ketepian namun Sarmin hanyut terbawa arus sungai. Diduga arus Sungai Sulang yang deras menyeret tubuh Sarmin yang sudah lelah nyawah sehingga tidak bisa menyelamtkan diri,” ungkap Heru.

Dengan adanya informasi tersebut Koordinator Unit Siaga Rembang, Ahmad Nur Zain, meberangkatkan 1 tim rescue untuk melaksanakan pencarian dan pertolongan disertai alut SAR air, Sabtu (12/11) sore.

Upaya pencarian tim SAR gabungan dengan metode susur sungai dari tempat kejadian ke arah Timur Laut akhirnya pada hari Minggu (13/11) korban berhasil ditemukan, namun dalam keadaan meninggal dunia.

“Korban ditemukan sejauh 4 Km dari tempat kejadian dalam keadaan meninggal dunia dan selanjutnya dibawa ke rumah duka,” imbuh Heru.

“Diketahui saat kejadian kondisi kedalaman sungai Sulang mencapai 2 meter, lebar mencapai 6 meter,” tandasnya. (er)