Wamenkeu Ajak Investor Sebarkan Optimisme Kemudahan Berusaha

0
301

JAKARTA.- Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) mengatakan bahwa pemerintah akan berusaha terus memperbaiki sistem kemudahan berusaha maupun peraturan untuk meningkatkan investasi di Indonesia pada acara Investor Gathering yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR). Ia juga mengajak para investor untuk membantu menyebarkan optimisme itu kepada para investor lain.

“Tugas pemerintah adalah memperbaiki regulasi, seperti Omnibus Law. Kami mengharapkan FDI (Foreign Direct Investment) bisa naik, PMTB (Pembentukan Modal Tetap Bruto) meningkat, dan PDB (Produk Domestik Bruto) juga ikut meningkat,” terang Wamenkeu di Aula Gedung Juanda I, Jakarta pada Senin (16/12).

Selanjutnya, Wamenkeu kembali menyemangati para investor, ia pun menjelaskan bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia masuk top tier dunia. Melihat pertumbuhan ekonomi Tiongkok yang biasanya 7% kemudian turun ke 6%, India sekitar 5%, maka Indonesia bisa menembus 5% merupakan pertumbuhan yang baik.

“Saya ingin titip kepada teman-teman yang sering berbicara dengan investor, bahwa kita ada di kategori top tier, dan kita akan terus melakukan reform. Anda harus percaya, reform yang dilakukan saat ekonomi lagi naik itu hasilnya akan jauh lebih bagus. Kita yakin pertumbuhan ekonomi Indonesia juga akan makin baik ke depannya,” tambahnya.

Pada kesempatan itu juga Kementerian Keuangan memberikan penghargaan kepada empat kategori stakeholders. Pertama, Dealer Utama Surat Utang Negara (SUN) dengan kinerja terbaik tahun 2018, terdiri dari Dealer Utama Terbaik: (i) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, (ii) Deutsche Bank AG, (iii) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan (iv) PT Trimegah Sekuritas Indonesia Tbk. Lalu Dealer Utama dengan Kinerja Terbaik di Pasar Perdana: Deutsche Bank AG serta Dealer Utama dengan Kinerja Terbaik di Pasar Sekunder: PT Bank Central Asia Tbk.

Kedua, kategori Mitra Distribusi SUN Ritel terbaik tahun 2018 yaitu (i) PT Bank Central Asia Tbk (ii) PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, dan (iii) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

Kategori ketiga adalah Peserta Lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) terbaik tahun 2019 dibagi menjadi Kategori Bank Konvensional: PT Bank Central Asia, Kategori Bank Syariah: Bank Syariah Mandiri, dan Kategori Perusahaan Sekuritas: PT Danareksa Sekuritas.

Terakhir, Kemenkeu juga memberikan penghargaan untuk Mitra Distribusi SBSN Ritel terbaik tahun 2019, Kategori Bank Konvensional: PT Bank Central Asia, Tbk, dan PT Bank Mandiri (Persero), Tbk. Kategori Bank Syariah: PT Bank Syariah Mandiri dan PT Bank Mualamat Indonesia, Tbk, serta Kategori Non-Bank: PT Bareksa Portal Investasi dan PT Star Mercato Capitale (Tanamduit).