Walikota Tidore beserta Dubes Spanyol dan Portugal Kunjungi Tim Survei  Pushidrosal

0
244

TIDORE, INAPOS- Usai ditetapkannya Kota Tidore Kepulauan sebagai tuan rumah pertemuan ke-10 Global Network of Magelhaen Cities (GNMC) 2019 yang berlangsung di pertemuan GNMC ke-9 di Kota Sevilla, Spanyol pada akhir Januari 2019 lalu, Pemerintahan Kota Tidore dikunjungi Dubes Portugal untuk RI Rui Fernando Sucena do Carmo dan Dubes Spanyol untuk RI Jose Maria Matres Manso, kedatangan kedua Dubes ini guna berkoordinasi terkait pesiapan GNMC yang akan berlangsung di Tidore pada bulan Juli 2019 mendatang.

Walikota Tidore Capt. Ali Ibrahim mengundang Dubes Portugal dan Spanyol untuk kunjungi kegiatan Tim Survei Hidro-Oseanografi di pelabuhan Tidore , Senin (25/2/2019)

Pada kunjungan tersebut , Rombongan Duta Besar Spanyol dan Portugal didampingi Walikota Tidore melihat langsung kegiatan tim Survei dan Pemetaan dari Pushidros TNI AL dimana sebagian area yg disurvei oleh Pushidrosal menjadi lokasi pelaksanaan Sail Tidore 2021 dan  peringatan 500 Tahun Ekspedisi Magelhaens Elcano.

Duta Besar Portugal dan Spanyol menerima penjelasan singkat dari Ketua Tim Survei Pushidrosal  di Tidore   Letkol (Laut) Agus Hendra Gunawan, ST.,M.Tr.Hanla  dengan menggelar peta laut yang menggambarkan lokasi pelabuhan yang akan dilakukan survei  dan memastikan dapat memetakan angka kedalaman dan bahaya-bahaya navigasi yang ada saat ini.

“Data lapangan yang didapatkan oleh tim survei akan segera divalidasi dan diolah kembali di Pushidrosal, dan akan disajikan dalam bentuk updating Peta Laut Indonesia nomor 385 terbaru” ungkap Letkol (Laut) Agus Hendra Gunawan, ST.,M.Tr.Hanla. selaku Komandan Unit Survei dan Pemetaan di Ternate dan Tidore.

Sebagai informasi, peta yang digunakan di perairan Tidore selama ini masih peta hasil survei Belanda tahun 1923 yang belum diperbaharui.

“Diharapkan dengan survei ini bisa menyajikan data riil terkait dengan kondisi Perairan Tidore terutama data hidrografi dan oseanografi maupun data-data lainnya seperti meteorologi dan geografi maritim,” jelasnya.

Karena hasil survei ini akan menghasilkan data-data yang jadi prasyarat utama dan penting bagi kapal-kapal besar yang nantinya akan memasuki perairan Tidore.

Di samping itu, juga akan dilakukan survei untuk mencari lokasi labuh kapal-kapal yang nantinya ikut dalam Sailing Pass dan Parade Circumnavigation Magelhaen Elcano maupun kegiatan Sail Tidore nanti. (red)