Walikota : Pancasila Bintang Penuntun Keberagaman

0
72

KOTA CIREBON.- Pancasila bintang penuntun keberagaman untuk yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhineka Tunggal Ika”.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH usai melaksanakan apel Peringatan Hari Lahirnya Pancasila di Alun-Alun Kejaksan, Sabtu (1/6). Azis mengatakan Pancasila hasil rumusan berbagai pendiri bangsa yang terdiri dari berbagai macam unsur antara lain tokoh agama, kebangsaan, pemuda dan lainnya.

“Keberadaan Pancasila menjadi berkah bagi Bangsa Indonesia untuk menjadikan dasar Negara. Para pendiri bangsa sudah memutuskan Pancasila menjadi dasar Negara dan menjadi landasan terbaik yang harus tertanam di jiwa kita warga Bangsa Indonesia,” ungkap Azis.

Azis menambahkan tidak ada kata lain selama dunia masih ada Pancasila harus ada di jiwa bangsa Indonesia. Perkembangan teknologi menjadi tantangan dalam melaksanakan ideologi Pancasila terutama bagi generasi muda. Oleh karena itu harus ditanamkan dan digelorakan terutama bagi generasi muda untuk tetap memegang teguh Pancasila.

“Harapan Kami Warga Kota Cirebon dapat mempertahankan keberadaan Pancasila dan memberikan andil dalam menggelorakan perjuangan pendahulu kita agar tetap menanamkan jiwa Pancasila,” kata Azis.

Dalam sambutannya Azis juga mengajak pada peringatan Hari Pancasila 2019 mengukuhkan ideologi Negara ini mampu menyatukan Bangsa Indonesia semua sebagai NKRI. Dengan kondisi geografi, keberagaman etnis, ras, budaya membutuhkan landasan untuk satu kesatuan yakni Pancasila.

“Pancasila perlu dijadikan sumber inspirasi “poltik harapan” dalam kehidupan dan bernegara. Kita harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia,”ujar Azis.

Azis mengajak untuk bersatu membangun bangsa ini untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai dan adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. “Kita Indonesia Kita pancasila,” pungkasnya. (Kris/Hms)


Komentar Anda?