Walikota Ajak Masyarakat Mencintai Seni dan Budaya

0
406

KOTA CIREBON.- Cirebon memiliki seni dan budaya yang besar untuk menarik wisatawan datang ke Kota Wali. Berbagai seni budaya harus dikenalkan dengan berbagai cara, salah satunya melalui event dan promosi wisata.

Demikian diungkapkan Wali Kota Cirebon, Drs. H. Nashrudin Azis, SH saat menutup Pameran Integrated Art Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) di Gedung Negara Jalan Siliwangi Cirebon, Sabtu (30/3) malam.

Azis mengatakan kegiatan pameran integrated Art Ikatan Alumni ITB berjalan sukses membuktikan jika seni dan budaya Cirebon sangat besar dan memiliki ragam yang cukup banyak.

“Kegiatan luar biasa yang harus mendapat respon positif. Selain tentunya ini membuktikan jika Cirebon memiliki potensi seni budaya yang besar dan harus disampaikan ke seluruh dunia,” ungkap Azis.

Azis menambahkan pihaknya akan mendorong kegiatan semacam Integreted Art dilakukan selama tiga kali dalam setahun. Kegiatan harus dilakukan secara keliling di beberapa lokasi wisata yang dimiliki Kota Cirebon antara lain Gua Sunyaragi, Keraton, Gedung Kesenian Rara Santang dan lainnya.

“Saya juga mengajak kepada masyarakat untuk berperan mencintai seni dan seniman Cirebon. Kita harus menghargai karya besar para seniman tersebut,” kata Azis.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Drs. M. Sobirin mengatakan pihaknya sangat terkejut dengan antusias masyarakat Cirebon yang besar dalam mengikuti berbagai rangkaian kegiatan Integreted Art Alumni ITB tersebut. Pihaknya yang semula hanya akan melaksanakan khusus alumni ITB menjadi pameran besar karena melibatkan seniman Cirebon yang memiliki karya-karya besarnya.

“Kami akan mendukung Pemerintah Daerah Kota Cirebon yang akan mengembangkan pariwisatanya. Ke depan kami juga mendukung seniman Cirebon untuk terus melahirkan karya-karya besarnya,” ujar Sobirin.

Alumni ITB, lanjut Sobirin akan kembali hadir dalam kegiatan serupa sehingga dapat menambah gaung keberadaan seni dan budaya Cirebon yang penuh potensi. Pihaknya akan menyampaikan potensi seni, seniman dan budaya Cirebon di level nasional dan internasional.

Sementara Ketua Alumni Seni rupa ITB, Anwar Sanusi mengungkapkan respon sangat positif dengan respon seniman dan masyarakat terkait kegiatan tersebut. Dari sejak pembukaan hingga penutupan banyak masyarakat hadir sehingga menambah semarak kegiatan.

“Luar biasa ini jauh diluar dugaan kami. Tidak sia-sia datang dari Bandung, Jakarta, dan kota-kota besar lain di Indonesia. Cirebon sangat luar biasa tidak kalah dengan Bali, Yogyakarta yang sudah berkembang dengan pariwisatanya,” ujar Anwar.

Anwar menambahkan pihaknya akan mengajak semua pihak termasuk alumni ITB untuk mengembangkan Cirebon lebih terkenal di mata dunia. Potensi yang dimiliki sangat wajar membuat Cirebon dikenal dunia dengan pariwisatanya.
Dalam kegiatan pameran seni dilaksanakan berbagai kegiatan lomba seni.

Beberapa pemenang lomba yaitu lomba gambar tingkat TK juara pertama Nazahaah Noor, kedua Preessylia Silvia, ketiga Astrid Aisyahnaz, keempat Faranisa Hawa Ramina dan kelima Khabbiyu Tsaqib Sugiyono. Lomba gambar tingkat SD yaitu peringkat pertama Rafa Andhika, M. Fatchurocman, Zalfa Kayla, Keyla Khairunnisa dan Fasya Maila Hana.

Sementara lomba gambar tingkat SMP dengan juara Dian Fadila (SMPN 1 Sumber), Angelin FS (SMP Terang Bangsa), Farrel Salsabilah (SMPN 1 Kota Cirebon), Ivy Fauziah Adhaeni (SMPN 1 Dukupuntang) dan Farah Fadila SMPN 1 Sumber.

Sedangkan lomba poster tingkat SMA dimenangkan Cahya Indra (SMK PGRI 2 Palimanan), Wahyu Farzana (SMAN 6 Kota Cirebon), Mukhamad Gunawan (SMAN 1 Plumbon), Wulan Purbandari (SMK Manbaul Ulum) dan Naufal Nurfauzan (SMAN 2 Kota Cirebon). (Kris)