Wakil Wali Kota Cirebon Ingatkan Pentingnya Menjaga Lingkungan

0
66

KOTA CIREBON.- Kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan hidup  senantiasa dipelihara setiap hari. Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon bagikan seribu tote bag ramah lingkungan sebagai pengganti kantong plastik.

Hal tersebut diungkapkan Wakil Wali Kota Cirebon, Dra. Hj. Eti Herawati, usai kegiatan penanaman pohon dalam rangkaian Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 di  Taman Air Goa Sunyaragi, Minggu, 20 Juni 2021.

“Harapan saya ke depannya, kesadaran untuk memelihara lingkungan tidak hanya terpaku di hari peringatan lingkungan hidup saja,” ungkap Eti. Masyarakat senantiasa diedukasi untuk bisa menjalankan kegiatan yang ramah  bagi lingkungan. “Sekalipun itu tindakan kecil, tentu akan sangat bermanfaat bagi lingkungan,” ungkap Eti.

Seperti menghemat penggunaan air dan energi serta mengelola sampah sejak masih dari rumah dengan cara memilih sampah merupakan contoh tindakan kecil yang sangat bermanfaat bagi kelestarian bumi. Sinergitas antara masyarakat untuk bersama-sama menjaga lingkungan diyakini  Eti akan membuat lingkungan semakin baik.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Cirebon, Kadini, S.Sos., menjelaskan penanaman pohon di Taman Air Goa Sunyaragi merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021 di Kota Cirebon. “Launching kegiatan sudah kita lakukan di Alun-alun Kejaksan, 6 Juni lalu,” ungkap Kadini.

Sedangkan untuk penanaman pohon menurut Kadini pihaknya sudah mendapatkan bantuan 1.007 pohon terdiri dari 11 jenis yang berasal dari Corporate Social Responsibility (CSR) 24 perusahaan di Kota Cirebon. Pohon-pohon tersebut sudah ditanam di sekitar TPA Kopiluhur, permukiman RW 04 Surapandan, dan kawasan Stadion Bima. “Hari ini kita tanam di Taman Air Goa Sunyaragi,” ungkap Kadini.

Dipilihnya Taman Air Goa Sunyaragi sebagai lokasi penanaman pohon dikarenakan lokasi tersebut merupakan salah satu destinasi wisata di Kota Cirebon. Untuk itu kebersihan dan penghijauannya harus dijaga.

Pada kesempatan itu, Pemda Kota Cirebon juga meluncurkan tote bag atau kantong belanja tidak sekali pakai sebagai pengganti kantong plastik. “Kita akan bagikan seribu tote bag ke warga Kota Cirebon,” ungkap Kadini. Pembagian yang direncanakan pekan depan  bersamaan dengan rangkaian terakhir peringatan hari Lingkungan Hidup Sedunia 2021  di Kota Cirebon.

Pembagian tote bag dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengurangi kantong belanja dari plastik yang sudah untuk didaur ulang. “Sambil kita terus berupaya mengedukasi masyarakat untuk bisa mengurangi  penggunaan sampah plastik,” ungkap Kadini. (Kris/rls)