INAPOS, KOTA CIREBON. – Sudah selayaknya kita sebagai guru, orang tua harus dapat memahami gangguan belajar pada anak. Karena itu kita harus memberi layanan yang tepat pada anak yang mengalami gangguan tersebut. Ujar Vivi Ade Cerliana, S. Psi. M. Psi. 

Psikolog yang tergabung dalam Global Psikologi Center Cirebon dalam Seminar Nasional dengan tema ” Learning Disability Pada Anak Usia Sekolah Dasar ” yang digelar oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)  jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)  IAIN Syekh Nurjati Cirebon, jl. Perjuangan Kesambi Kota Cirebon. Senin (23/10) pagi.
Menurut Vivi ada beberapa faktor penyebab Learning Disability (LD), diantaranya faktor internal yaitu kemungkinan adanya disfungsi neurologis yang disebabkan oleh faktor genetik, luka pada otak karena trauma pada fisik, gizi yang kurang memadai. Adapun faktor eksternal diantaranya, strategi pembelajaran yang keliru, pengelolaan kegiatan belajar yang tidak membangkitkan motivasi pada anak.
Ia juga memaparkan beberapa ciri – ciri anak yang mengalami gangguan LD ini diantaranya, sulit mengeja, mengerjakan tugas sangat lamban, hasil kerja sangat berantakan, mudah lupa, tulisannya buruk, sering hilang kata saat membaca. Paparnya.
Lebih lanjut ia juga memberikan teknik untuk mengantisipasi LD pada anak, teknik ini diberi nama teknik remedial yang didalamnya ada beberapa yang harus dilakukan diantaranya, praktek terus menerus, mengajarkan bunyi huruf dan berikan daftar kata kata. Tutupnya. (Kris)