Usai Sertijab, Sebastianus Darwis Ajak Semangat Memajukan Kabupaten Bengkayang

0
164

BENGKAYANG.- Pemerintah Kabupaten Bengkayang gelar Sertijab Pj. Bupati Bengkayang, Yohanes Budiman S.IP.,M.Si kepada Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, SE.,MM di Aula Terbuka Kantor Bupati, Senin (1/3/2021).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati, mengucapkan selamat kepada Bupati dan Wakil Bupati yang baru saja dilantik beberapa hari yang lalu dan berharap agar ditangan kedua pemimpin ini Kabupaten Bengkayang semakin maju.

Pj. Bupati juga mengapresiasi kinerja KPU, Camat, Aparat dan masyarakat yang telah mensukseskan penyelenggaraan  Pilkada sehingga sekarang menghasilkan pemimpin baru di Kabupaten Bengkayang.

Salah satu catatan penting yabg disampaikan Pj. Bupati selama mengabdi, yakni terkait penanganan Covid-19. Dimana beberapa waktu yang lalu, Kabupaten Bengkayang pernah berada pada posisi buntut terkait penderita Covid-19.

Namun, Puji Tuhan berkat kerja keras semua pihak mulai dari Dinas Kesehatan, Camat, Gugus Tugas lainnya termasuk TNI/Polri kita dapat keluar dari posisi tersebut. Hasil Swab dikirim terus menerus ke Provinsi dan kita bersyukur semakin sedikit yang terkonfirmasi.

“Penanganan Covid-19 ini akan menjadi tantangan bagi Bupati dan Wakil Bupati terpilih,” ungkapnya.

Disamping itu, Pj. Bupati mengingat dengan situasi saat ini, dimana kita telah memasuki musim kemarau, agar bersama-sama dapat mewaspadai terjadinya bencana kebakaran.

“Saya juga mohon maaf kepada semua pihak apabila selama dalam menjalankan tugas ada kekurangan,” pungkasnya.

Sementara, dalam pidato perdananya, Bupati Bengkayang, Sebastianus Darwis, SE.,MM mengatakan bahwa Pemkab Bengkayang selama periode 2016-2021 telah banyak melakukan pembangunan diberbagai sektor, oleh karenanya, bersama Wakil Bupati akan melanjutkan penyelenggaraan roda pemerintahan ini sesuai dengan visi dan misinya.

Lebih lanjut, dengan adanya ikatan silahturahmi dan persaudaraan yang kuat akan mampu membangun kekompakan yang dilandasi semangat kekeluargaan untuk bersama-sama membangun serta memajukan Kabupaten Bengkayang.

Bupati juga menyebutkan, tantangan pembangunan di masa mendatang tidaklah ringan, hambatan dan kendala akan datang silih berganti seiring dengan dinamika masyarakat yang semakin cepat. Namun, kita harus berjuang untuk mengatasi masalah yang ada dengan kebijakan yang mengarah kepada kepentingan masyarakat.

“Terima kasih juga kami sampaikan kepada Pj. Bupati Bengkayang atas pengabdiannya selama kurang lebih lima bulan,” kata Bupati.

Sementara itu, Gubernur Kalbar yang diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Propinsi Kalbar, Dra. Jumiadatin, M.Si mengapresiasi kinerja KPU Bengkayang yang telah mensukseskan penyelenggaran Pilkada sehingga kini menghasilkan pemimpin baru di Kabupaten Bengkayang.

“Kami ucapkan selamat kepada Sebastianus Darwis, SE.,MM dan Drs. Syamsul Rizal yang telah dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Bengkayang,” katanya.

Terkait Sertijab ini, sedikitnya ada lima poin yang menjadi penegasan Gubernur kepada Bupati dan Wakil Bupati. Yakni,

Pertama agar segera melakukan konsilidasi dengan seluruh jajaran dilingkungan Pemkab Bengkayang dan memberdayakan segenap aparatur birokrasi guna mendukung visi dan misi Pemkab Bengkayang kedalam RPJMD.

Kedua, mengingatkan kepada Bupati dan Wakil Bupati bahwa selama enam bulan sejak pelantikan belum dapat melakukan pejabat struktural.

Ketiga, bersama-sama melakukan penanganan serius terhadap masalah stunting sebagai upaya peningkatan SDM.

Keempat, menjalin komunikasi yang baik dengan DPRD dan kepada pihak DPRD agar dapat mendukung kinerja pemerintah. Kelima, terkait penangan Covid-19 agar mengutamakan penanganan dan pelaksanaan vaksinisasi.

Gubernur meminta kepada Bupati dan Wakil Bupati terpilih untuk merangkul semua pihak dalam mendukung kinerjanya. Jangan membuat pemisahan atau pengelompokkan masyarakat, terutama yang dianggap mendukung Paslon lain pada saat Pilkada.

“Kemenangan Bupati dan Wakil Bupati adalah ketika (mereka) mampu merangkul elemen-elemen atau kelompok-kelompok dimasyarakat yang dulu tidak berpihak kepada saudara,” pungkasnya.
(Yulizar)