Urus SIUP di Kota Cirebon, Gratis Sesuai Aturan

0
1433

KOTA CIREBON.- Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan mengeluarkan peraturan tentang penghapusan perpanjangan SIUP yang diatur dalam Permendag No. 7/M-DAG/PER/2/2017. Sedangkan, kemudahan urus TDP dan penghapusan biaya administrasi diatur dalam Permendag No. 08/M-DAG/PER/2/2017. 

Kepala Bidang Pelayanan Terpadu A DPMPTSP Kota Cirebon Ahadyah Dwi Agustinah S.Sos menjelaskan bahwa pihaknya sudah menjalankan sejak peraturan itu diterbitkan.
Ia melanjutkan SIUP yang habis masa berlakunya sebelum peraturan ini keluar agar diperpanjang terlebih dahulu. Sedangkan yang membuat SIUP setelah peraturan ini terbit, maka itu sudah merupakan SIUP selamanya jika usaha masih tetap berjalan.
“Bagi yang sudah mempunyai SIUP yang habis masa berlakunya sebelum ada peraturan ini (sebelum bulan Febuari 2017) silahkan diperpanjang dahulu”. Jelasnya.
Dyah juga menambahkan untuk proses pembuatan SIUP dan TDP pihaknya menargetkan waktu satu minggu dari pengajuan yang sudah diverifikasi oleh pihaknya, kemudian dalam pembuatan SIUP dan TDP tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis.
” proses pembuatan SIUP dan TDP paling lambat satu minggu setelah pengajuan sudah diverifikasi dan tidak dipungut biaya apapun”. Ungkapnya. (Kris)