Rabu, Juni 19, 2024

Untung Tri Basuki : Koperasi Bisa Melindungi Negara

Date:

Share post:

Inapos, Bandung.- Asisten Deputi Keanggotaan Deputi Kelembagaan Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indoenesia, Untung Tri Basuki, menerangkan bahwa saat ini dunia sedang konsen kepada pencegahan kuasa dunia oleh segelintir manusia. PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa) membuat suatu kebijakan untuk melindungi seluruh penduduk dunia dari penguasaan orang-orang yang memiliki kekayaan yang tiada batas.

Hal itu juga didukung dan disepakati oleh asosiasi-asosiasi koperasi di dunia guna mencegah ‘bahaya’ jika dunia dikuasai oleh segelintir orang dengan memperkuat koperasi di setiap Negara, ujarnya pada pemaparan diskusi nasional yang diselenggarakan pada puncak perayaan HUT media cetak Sinar Pagi Baru (SPB) ke-16 di Kota Bandung, Kamis (02/11/17).

Diskusi nasional bertemakan ‘Peran Koperasi Untuk Negara dalam Kemandirian Ekonomi Rakyat & Peran Polri dalam Mendukung Gerakan Koperasi di Indonesia’ dengan dihadiri seluruh wartawan/redaksi SPB.

Untung menilai, bahwa di negara maju sudah menerapkan koperasi dalam setiap kebijakan ekonominya. Mereka telah melakukan pemerataan kepemilikan dan pemerataan pendapatan. Salah satu contoh kebijakan itu adalah mewajibkan perusahaan untuk memberikan saham kepada koperasi karyawan.

“Akan tetapi sangat disayangkan konsen kebijakan ekonomi koperasi di negara kita masih belum menunjukkan hal yang signifikan. Hal ini terlihat dari undang-undang perekonomian nasional yang belum memberikan wadah kepada kegiatan koperasi yang ada,” terang Untung.

Untuk itu, dirinya yang berada di posisi Kementerian yang konsen terhadap perkoperasian di Indonesia akan terus mengawal rancangan undang-undang yang sedang digodok saat ini sebagai pengganti UU No. 25 Tahun 1992 yang pernah dilakukan judicial review oleh masyarakat beberapa tahun lalu. (Elwan)

spot_img

Related articles

Pertamina RU VI Balongan Tebar 132 Hewan Kurban, Bantu Masyarakat Sekitar Merayakan Iduladha

BALONGAN.- Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali...

Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 22 Miliar di Jakarta Barat

JAKARTA.- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp 22 miliar di...

Rutan Cirebon Rayakan Iduladha 1445 H dengan Berbagai Kegiatan dan Pembagian Daging Kurban

KOTA CIREBON.- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon melaksanakan perayaan Idul Adha 1445 H pada 10 Zulhijah...

Semarak Iduladha di Masjid KH Hasyim Asy’ari, 1.200 Kantong Daging Kurban Dibagikan

JAKARTA.- Pengurus Masjid KH Hasyim Asy’ari di Jalan Daan Mogot, RT 13/14, Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, menggelar...