Ucapan Belasungkawa AM. Juma’i Atas Wafatnya H. Amir AR

0
65
AM. Juma'i, Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat PWM Jateng.

SEMARANG – Masyarakat Jawa Tengah kembali mendapatkan kabar duka, berpulangnya tokoh masyarakat yang juga tokoh Muhammadiyah Jawa Tengah, H. Amir AR, pada hari Sabtu 13 Febuari 2021, di RS Roemani Semarang.

Innaa lillaahi wa innaa ilaihi raajiu’un, sesungguhnya kita milik Allah dan hanya kepada-Nya kita semua kembali. Bagi saya pribadi, H. Amir AR adalah senior saya yang sering memberikan wejangan. Meskipun beliau bukan jurnalis namun juga sesekali menulis. Kami suka bertegur sapa, beliau pribadi yang grapyak dan mudah bergaul.

Hal inilah yang diungkapkan A.M. Juma’i, Ketua Majelis Pemberdayaan Masyarakat PW Muhamadiyah Jateng dan Ketua PC Muhamadiyah Semarang Selatan, Minggu (14/02/2021).

Kepada awak media, A.M. Juma’i menuturkan, beliau (alm) H. Amir AR, termasuk pegiat masjid dan dalam kesempatan ini ingin saya ingin sampaikan amanah dari beliau. Pertama, Seluruh Masjid Muhammadiyah harus berlambangkan bulan sabit, yang masih menggunakan lafadz Allah diganti termasuk yang di Indrapasta Semarang.

Amanah yang kedua, beliau wanti-wanti agar RS Roemani Muhamadiyah terus dijalankan sesuai amanah dan wasiat dari (alm) H. Ahmad Roemani sebagai pendiri. Ketiga, untuk mendukung anak muda untuk tampil jangan ragu dan jangan takut jalin silaturahmi se-banyak banyaknya termasuk dengan pemerintah.

“Semoga seluruh salah-khilaf beliau diampuni oleh Allah SWT, ibadahnya diterima dan keluarga yang ditinggal tabah, Al-Fatihah,” ucap Juma’i.

“Dalam organisasi saya menyaksikan beliau adalah seorang leader yang baik dan ramah, kita kehilangan tokoh panutan. Sugeng tindak Ayahandaku,” tandasnya.

H. Amir AR, putra asli Purworejo yang lahir 19 Oktober 1937 ini adalah seorang tokoh Muhammadiyah Jawa Tengah yng juga aktif di banyak organisasi, diantaranya Pengurus HMI Semarang tahun 1960-1962, Ketua Pemuda Muhammadiyah Semarang 1965-1975, Bendahara PW Pemuda Muhammadiyah Jawa Tengah dan pengurus Muhammadiyah Jateng pada era 1985, Bendahara PWM Jateng pada zaman (alm) Prof. Abu Suud tahun 1995-2000, Ketua Apindo Semarang 1986, di tahun 2003-2004 beliau juga pernah menjabat sebagai Ketua Forum Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) se-Kota Semarang, dan aktif di media cetak Suara Merdeka sejak 1962 terakhir menjabat sebagai Manajer di Suara Merdeka. (er)