TPS Ilegal Keluarkan Bau Busuk, Warga Desak Dinas Lingkungan Hidup Ambil Tindakan Tegas

0
590

TPS Ilegal Timbulkan Asap Menyengat Digeruduk Warga Kedungjaya Babelan

KABUPATEN BEKASI.- Tempat Pembuangan Sampah (TPS) Ilegal keluarkan polusi dan bau busuk yang sangat menyengat hingga mengganggu aktivitas masyarakat.

Akibat tidak tahan dengan polusi dan bau busuk dari tempat pembuangan sampah (TPS) ilegal, warga Desa Kedungjaya beramai – ramai mendatangi lokasi TPS ilegal yang berdekatan dengan permukiman warga di Kampung Wates, Desa Kedungjaya, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi.

Salah seorang warga Desa Kedungjaya, Erwin Mahendra mengatakan, gerakan warga mendatangi TPS ilegal pada Jumat malam tanggal 31 Juli 2020 tersebut lantaran geram, karena setiap hari kepulan asap dari pembakaran sampah masuk ke permukiman.

“Setiap hari sampah itu dibakar, asapnya sangat menyengat disertai bau busuk, kami sudah tidak tahan karena aktivitas ini sudah berlangsung selama bertahun -tahun,” uajr Erwin kepada inapos.com, Minggu (2/8/20).

Senada dikatakan Warga Kedungjaya lainnya, Ijay Jaelani sering kali mengalami sesak nafas akibat bau menyengat yang keluar dari timbunan sampah.

“Saya saja yang dewasa merasakan sesak, apalagi bayi atau balita yang memang sudah pasti menghirup merasakan dampak dari timbunan sampah tersebut,” ungkap Ijay.

Sebab itu, warga mendesak Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi mengambil tindakan tegas agar pelaku pengelola dan siapapun yang terlibat dalam pembuangan sampah tersebut harus menerima sanksi hukum.

“Berikan sanksi seberat-beratnya agar pelaku kejahatan lingkungan mendapat efek jera,” tandasnya.

Untuk diketahui, lokasi TPS ilegal tersebut memanfaatkan lahan pengairan di Desa Kedungjaya, berbatasan dengan Desa Babelan Kota. (Fery)