Tokoh Lintas Agama dan Bejo Cirebon Komitmen Dukung Jokowi-Ma’ruf

0
399

KABUPATEN CIREBON.- Tokoh lintas agama dan Bejo (Bela Jokowi) Cirebon berkomitmen mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf menjadi presiden dan wakil presiden Indonesia 2019.

 

Hal tersebut terlihat pada forum yang dibentum antar keduanya disalah satu warung makan Jalan Tuparev, Kabupaten Cirebon, Senin (15/10).

KH Usamah, mantan kordinator dari tokoh lintas agama mengungkapkan pasangan nomor urut satu ini pantas menjadi presiden dan wakil presiden 2019 karena mencerminkan kondisi Indonesia, yang didominasi rakyatnya dan penduduk yang beragam.

“Bapak Jokowi sebagai presiden kita sudah membuktikan bisa menyatukan berbagai umat beragama secara rukun dan damai dalam kehidupan sehari-hari. Maka karena itu, Tokoh Lintas Agama bersama Bejo mendukung pasangan nomor satu tersebut,” ujarnya, usai deklarasi.

Selain itu, seorang kyai asal Kalimukti Pabedilan ini menambahkan, Indonesia saat ini butuh pemahaman ideologi yang menguatkan Pancasila untuk menjadikan negara kuat dalam bingkai NKRI. Karena, menurutnya, musuh terbesar dari negara Indonesia adalah kelompok yang intoleran.

“Maka, di sini tokoh-tokoh agama yang berkumpul sepakat bahwa Bapak Jokowi bisa merangkul para ulama dan tokoh-tokoh agama, dimana itu sesuai dengan amanat Pancasila,” lanjutnya.

Sementara, ketua koordinator tokoh lintas agama, KH Wawan Arwani, pihaknya yakin pasangan nomor urut satu ini akan menjadi presiden dan wakil presiden pada 2019. Karena, menurut kiayi asal Buntet ini, pasangan dengan slogan _nasinalisme-religius_ ini adalah pilihan rakyat, dari masyarakat Indonesia yang beragam.

“Tempat ibadah Klenteng di Jamblang misalnya, yang dirawat orang-orang kristen tapi sering digunakan latihan sholawatan dan genjringan oleh orang-orang Banser. Ini sebagai salah satu contoh kerukunan umat beragama. Mungkin ini hanya satu-satunya di Indonesia umat beragama toleransinya sangat tinggi dan saling menghargai,” jelas Wawan.

Ketua Bejo Cirebon, Arjaya, usai deklarasi juga, mengungkapkan tokoh agama di Cirebon agar terus mengawal Indonesia yang kondisinya beragam, yang saat ini tercermin pada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut satu ini.

“Saya harap, para tokoh lintas agama agar terus mengawal pasangan Jokowi-Ma’ruf. Karena sejatinya, wajah Indonesia ada pada pasangan ini. Kita lawan orang-orang yang tidak pro pada Pancasila dan ingin mendirikan negara, atas dasar khilafah,” tutup Arjaya.

Pada kesempatan ini, tokoh-tokoh lintas agama yang hadir diantaranya, Romo Suryadharma tokoh Hindu, Romi Johanes Muryadi dari Katolik dan Pendeta Yoshua. (Kris)