Tingkatkan Pelayanan, Setmenko Marves Gelar Raker “Paten Melayani”

0
233

BOGOR.- Dalam rangka meningkatkan pelayanan dan juga profesionalisme kerja, Kemenko Marves melalui Sekretariat Kemenko Marves (Setmenko Marves) melaksanakan Rapat Kerja (Raker). Acara yang dilaksanakan pada 23-24 Januari 2020 di Bogor, Jawa Barat, ini dipimpin oleh Sesmenko Marves Agung Kuswandono.

Dalam pembukaannya, di depan kurang lebih 200 peserta rapat yang hadir dari Biro Perencanaan dan Informasi, Biro Hukum, Biro Umum, Inspektorat, Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi Maritim Sugeng Santoso, dan perwakilan semua kedeputian lingkup Kemenko Marves, Sesmenko Agung mengungkapkan bahwa dirinya sangat mendukung Raker ini, sebab dianggap sebagai konsolidasi awal untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pimpinan dan juga terkait dengan perubahan organisasi Kemenko Marves, sesuai dengan Tagline Menko Luhut Paten Melayani.

“Kita berubah dan kita semakin besar, artinya harus mulai bergerak kembali yaitu dalam hal ini Setmenkonya, antara lain terkait regulasi dan Sumber Daya Manusia (SDM), kita isi dan kita tempatkan di tempat yang seharusnya. Bukan hanya itu saja, tetapi juga anggaran, sarana dan prasarana harus kita persiapkan sebaik-baiknya,” kata Sesmenko Agung di lokasi, Kamis (23/1/20).

Oleh karenanya, papar Sesmenko, diperlukan anggota Setmenko yang Paten, dengan dukungan masing-masing Kepala Biro (Karo) yang harus dinamis dengan penambahan nomenklatur.

“Saya minta, pertama, bukalah wawasan kita dan bangga menjadi anggota setmenko, sebab sangat luar biasa pekerjaan di Setmenko. Karena Kemenko Marves ini membutuhkan orang-orang yang bersemangat tinggi. Untuk Karo, tolong berpikir apa yang harus dikerjakan, sudah dikerjakan dan telah dikerjakan, untuk itu masing-masing Biro harus dinamis dan juga taktis,” ungkapnya.

Sesmenko juga meminta agar para Karo maupun para pemimpin agar mampu mendidik anak buah untuk lebih maju dengan membantu dan membina mereka.

“Saya ingin semua orang lingkup Kemenko Marves, paling tidak mengetahui pengetahuan dasar di Kemenko Marves. Asah EQ anda semua, jangan hanya mengandalkan IQ tanpa didampingi EQ, belajarlah berempati, saling dukung antara pimpinan dan bawahan, kita jadikan kita ini tim yang kuat dan kompak,” tegasnya.

Ke depannya, lanjut Sesmenko, kinerja pegawai Kemenko Marves khususnya di lingkup Setmenko harus lebih baik dengan tidak cepat berpuas diri.

“Oleh sebab itu, kita juga harus visioner, kemudian berpikir secara holistik, yaitu kita perkuat komunikasi dengan semua Setmenko. Bawalah Setmenko ini menjadi yang dapat dibanggakan. Dan ini yang terpenting, kejujuran selalu dipegang teguh,” tutup Sesmenko Agung.

Sebagai informasi, pada Raker Setmenko Marves kali ini juga dilakukan penandatangan Perjanjian Kinerja Tahun 2020 untuk Biro Perencanaan dan Informasi, Biro Hukum, Biro Umum, dan Inspektorat disaksikan oleh Sesmenko Agung. (Red)