JAKARTA, INAPOS – Dalam rangka melatih dan meningkatkan kemampuan serta ketrampilan Personel Penyelam dalam penguasaan materi dan teknik penyelamatan serta materi kerja bawah air khususnya pengangkatan kapal, Dinas Penyelamatan Bawah Air (Dislambair) Koarmada I menggelar Latihan Matra K2 TW I di sekitar Pulau Damar dan Pulau Wanara Teluk Jakarta, selama 2 minggu, dari tanggal 11 Februari s.d 22 Februari 2019.

Latihan Matra K2 TW I tersebut diikuti oleh 50 Personel Dislambair dengan dukungan dari Personel Satkopaska, Tim Diskes serta Tim Kolat Koarmada I. Latihan yang sudah memasuki hari ke-8 ini, diisi dengan kegiatan Penyelaman pada kedalaman 40 meter menggunakan SCUBA dengan fokus latihan Salvage pengambilan senjata AK-47. Latihan dilanjutkan dengan simulasi Peran Peninggalan pada Perahu Karet.

Kegiatan dilanjutkan dengan latihan menembak AK-47 jarak 100 meter perorangan dan tim serta materi menembak senjata SS1. Latihan hari ke-8 ditutup dengan penyampaian materi Sea and Jungle Survival.

“Latihan Matra K2 ini digelar agar Dislambair mampu mendukung kesiapan Koarmada I guna menunjang kesiapsiagaan operasi dalam melaksanakan tugas-tugas Koarmada I” ujar Pasops Dislambair Letkol Laut (P) Agus Sriyanto. Selain itu, sasaran dari latihan ini adalah agar terpeliharanya ketangkasan dan ketanggapan personel Dislambair Koarmada I dalam melaksanakan tugas Combat Salvage, terbinanya kesiapan operasional Dislambair dalam tugas combat salvage serta terciptanya kerja sama tim yang kompak dalam mendukung tugas-tugas yang akan datang.(pen)