Tindak BKC Ilegal, Bea Cukai Bekasi Musnahkan 3 Juta Batang Rokok dan 5.820 Botol Miras

0
421

JAKARTA, INAPOS – Bea Cukai Bekasi memusnahkan sebanyak 3.025.398 batang rokok illegal. Selain itu juga dimusnahkan 107.865 gram tembakau iris dan 5.820 botol minuman keras (miras).

Pemusnahan dilaksanakan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean (TMP) A Bekasi, Rabu (28/11/2018). Ikut menyaksikan jajaran Polres Metro Bekasi Kabupaten, Polres Metro Bekasi Kota, Pemerintah Kota Bekasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi, dan tokoh masyarakat setempat.

Berdasarkan pantauan INAPOS.com, pemusnahan dilakukan dengan cara memasukan jutaan batang rokok dan tembakau iris tersebut kedalam drum, lalu dibakar. Sedangkan ribuan botol miras dihamparkan di halaman dan  dilindas alat berat.

Total perkiraan nilai barang tersebut adalah Rp2.227.419.745,00, serta nilai kerugian negara mencapai Rp 1.246.591.990,00.

Terkait penindakan tersebut, Bea Cukai Bekasi saat ini sedang melaksanakan Operasi Gempur , yaitu operasi yang dilakukan untuk menertibkan Barang Kena Cukai (BKC) ilegal.

“Keberhasilan penindakan BKC illegal ini  merupakan bentuk sinergi Bea Cukai dengan aparat penegak hukum lainnya. Ini bentuk perwujudan peran BC sebagai community protector,”kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan BC Tipe Madya Pabean A Bekasi, Hatta Wardhana.

Dikemukakan dia, rokok dan miras ilegal itu merupakan hasil penertiban yang gencar terhadap BKC illegal berupa rokok, tembakau iris (TIS), dan minuman keras dari tahun 2017 hingga 2018.

“Rokok ilegal disita Bea Cukai bersama kepolisian Bekasi saat akan diselundupkan ke wilayah Sumatera. Sedangkan ribuan botol miras didapatkan dari razia Polres Metro Bekasi Kota dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Bekasi. Sedangkan pelakunya sendiri sudah dijatuhkan hukuman,”ungkap Hatta Wardhana.

Menurut nya, penindakan yang telah dilakukan ini  diharapkan dapat memberikan efek jera kepada para oknum yang memproduksi atau menyebarkan BKC illegal.

“Ini bukan semata menunjukkan kehebatan pemerintah, namun menunjukkan keseriusan dalam memberantas peredaran BKC illegal,”pungkas Hatta Wardhana. (red)