BerandaHukum dan KriminalTim Kuasa Hukum Dokter Hardi Datangi Polda

Tim Kuasa Hukum Dokter Hardi Datangi Polda

Inapos, Jakarta.- Kuasa Hukum dokter Hardi Susanto, yaitu  Dr. Niru Anita Sagita SH., MH., mendatangi Polda Metro Jaya bersama timnya Pandapotan Sinambela SH., Saminoto SH., MH .

Dr. Niru Anita mengatakan, “kedatangan kami untuk melaporkan seorang dokter berinisial V, karena telah memasukkan keterangan yang tidak benar,” ucapnya, Sabtu (04/08/18).

Ia pun membantah, kliennya melakukan malpraktik terhadap pasien berinisial S di Rumah Sakit Grha Kedoya, pada 21 April 2015 lalu.

Menurutnya, seluruh tindakan medis yang dilakukan terhadap pasien perempuan itu, diklaim telah mendapat persetujuan pihak terkait.

“Pernyataan bahwa klien kami (dokter Hardi Susanto) tidak mendapatkan persetujuan atau informed consent (IC) dari pasien S dalam melakukan tindakan kedokteran adalah tidak benar,” ujarnya.

Anita katakan, IC ditandatangani usai Hardi menjelaskan jika hasil pemeriksaan USG disimpulkan terdapat tumor kistik besar, sehingga diperlukan penanganan medis berupa operasi.

“Kala itu, klien saya juga menjelaskan risiko terburuk ketika operasi dengan durasi sekitar 30 menit tersebut dilakukan. Setelah itu pasien S dan kakaknya menandatangani informed consent atau persetujuan tindakan kedokteran, dengan saksi perawat,” terang Anita.

Selain itu, Anita juga membantah bahwa kliennya tersebut sudah diskorsing atau dipecat, akibat dari kasus dugaan malpraktek teraebut.

“Sementara ini masih dihentikan karena persoalan internal, bukan lantaran permasalahan dengan pasien S. Hal ini tertuang dalam surat pemutusan kerjasama kemitraan selama enam bulan, yang disampaikan Rumah Sakit kepada Hardi,” ungkapnya.

Sementara ini sedang kami persiapkan langkah hukum terhadap hak-haknya, mengingat klien kami merupakan salah satu di antara pemegang saham rumah sakit.

“Sedangkan hari ini kami melaporkan dr. V yang juga selaku Ketua Komisi Medik (Komdik) dalam kasus memasukkan keterangan tidak benar, dengan No lp.4113/VIII/2018/PMJ/Dit.Reskrimum,” tutur Anita. (Elwan)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments