Tim Hukum AGK-YA Kantongi 5 Pelanggaran

0
314

TERNATE, – Fahrudin Maloko selaku tim hukum pasangan calon Cagub Cawagub no urut 3 Abdul Gani Kasuba dan Muhammad Ali Yasin (AGK-YA) kembali melaporkan dugaan kecurangan pelaksanaan Pilkada Malut 2018 ke Bawaslu Malut.

Dalam laporan tersebut, membawa sejumlah bukti lima kecurangan yang terjadi di 10 Kecamatan Kabupaten Kepulauan Sula yang terjadi secara struktur sistematis dan masif.

Menurutnya dalam pers confres di posko AGK-YA Jumat (06/07/2018) mengatakan ada beberapa pelanggaran khusus yang akan di laporkan ke pihak Bawaslu Malut terkait indikasi kecurangan yang terjadi di 10 kecamatan Kabupaten Sula berdasarkan PKPU nomor 8 2018

” ada beberapa modus pelanggaran yang dilakukan oleh Kelompok Penyeleggara Pemungutan Suara (KPPS) seperti yang terjadi di TPS 2 Desa Malbufa Kecamatan Sanana Utara dimana kotak suara telah dibuka sebelum perhitungan suara dimulai, ada juga penggunaan hak pilih yang melebihi terjadi di TPS 2 dan 3 Desa Wailau kecamatan Sanana, ” ungkapnya.

Selain itu juga terdapat selisih suara antara rekapan tingkat kecamatan melalui FOM. DA. 1 KWK dan FOM. C1. KWK dimana selisih hingga pada 27 suara yang terjadi di TPS 2 Desa Iek Sula kecamatan Mangoli Barat dan juga pelanggaran lain yang terjadi di Desa Bajo di TPS 2 Kecamatan Sanana Utara dimana petugas KPPS meminta sejumlah pemilih untuk menandai kertas suara.

Lanjut dia, Berdasarkan sejumlah pelanggaran tersebut, jelas sudah diatur proses pelanggan pada Pemungutan dalam PKPU No 8 tahun 2018 pada pasal 59 ayat 2 A, b, c, d, e, dimna mengatur Pemungutan Suara ulang dapat dilakukan jika terjadi pelanggaran tersebut terjadi.

” Kami tetap memproses masalah ini dan kami sudah siapkan Bukti-bukti pelanggaran untuk di proses kembali, Tuturnya. (min)