Tiga Langkah Perumda Pasar Berintan Cirebon di Masa Pandemi Covid-19

0
45

KOTA CIREBON.- Kaitan dengan pandemi covid-19 yang belum berakhir dan cenderung meningkat, kebijakan pengelolaan pasar di Kota Cirebon tetap memakai dan menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah pusat.

Menurut Plt Direktur Perumda Pasar Berintan Vicky Sunarya mengatakan, bahwa ada dua kepentingan besar yang ada di pasar untuk terus diperhatikan. Pertama kesehatan dan yang kedua pusat kegiatan ekonomi.

“Dua kepentingan ini sama – sama penunjang kehidupan. Sehingga protap yang sudah dicanangkan pemerintah pusat itu yang menjadi acuan kami,” ujar Vicky kepada inapos.com, Selasa (11/8/20).

Saat disinggung soal penambahan pengetatan protokol kesehatan di setiap pasar, baginya itu bersifat situasional dan melihat lokasi pasar tersebut.

“Kalau itu diperlukan ya kami akan lakukan. Namun untuk standart protokol kesehatan kami sudah konsisten dalam penyediaan hand sanitizer, sosialisasi pemakaian masker hingga jaga jarak antar pengunjung,” terangnya.

Vicky mengakui, bahwa untuk menerapkan jaga jarak di pasar secara 100 persen sangat kesulitan. Namun, pihaknya berupaya dengan menerapkan tiga langkah yang harus dilakukan.

Pertama, preventif yakni, terus gencar memberikan sosialisasi tentang pencegahan penyebaran covid-19.

Kedua, represif yakni menyediakan semua peralatan untuk menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan program pemerintah pusat.

Ketiga, Kuratif yakni kerjasama dengan semua pihak baik Dinas Kesehatan, Gugus Tugas Covid dalam upaya lakukan Rapid Tes dan Swab massal.

“Semua langkah tersebut dilakukan dalam rangka upaya untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona di pasar,” pungkasnya. (Kris)