Terpilih Secara Aklamasi, Erman Umar Ingin Rekonsiliasi KAI

0
1945

Inapos, Jakarta.- Kongres Advokat Indonesia (KAI) menggelar Kongres Nasional ke III. Kongres tersebut digelar selama selama 2 hari yaitu 19-20 April di Hotel Mega Anggrek, Jakarta Barat telah memutuskan Erman Umar sebagai Presiden KAI periode 2019-2024.

Dalam visi dan misinya, Erman menginginkan KAI menjadi satu agar menjadi organisasi yang berwibawa, independen, mandiri dan menjadi organisasi yang mengedepankan penegakan hukum dan keadilan. Selain itu, saya juga akan meningkatkan kualitas profesional anggota.

Ia menjelaskan peningkatan yang dimaksud ialah, “seperti dalam 6 bulan sekali diadakan seminar ataupun pelatihan dan akan dilaksanakan merata sampai tingkat DPC. Selain daripada itu, kita juga harus mengikuti perkembangan hukum, karena anggotanya sudah ditingkatkan, jadi anggota memiliki kesadaran untuk meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, contohnya seperti penyuluhan bahaya narkoba yang paling marak atau masalah pertanahan,” ucapnya, Sabtu (20/04/19).

Lebih jauh ia menyinggung mengenai permasalahan penegakan hukum, itu tidak boleh diam saja. Saya melihat bukan hanya KAI, bahkan organisasi advokat lainnya sibuk dengan ujian advokat, PKPA dan perekrutan. Itulah yang bahaya bila terlalu banyak akan berdampak inflasi, hingga akhirnya terkesan abal-abal.

Erman juga bertekad untuk menyatukan KAI, “kalau saya bisa menyatukan, gak perlu saya menjabat sampai akhir,” pungkasnya, ia juga telah melakukan komunikasi dengan KAI Kuningan dan mereka responsif.

Semoga nanti keduanya dapat duduk bersama, sambung Erman, kalaupun khawatir saya akan menjabat Presiden. Maka saya akan mengundurkan diri dan menyerahkan kepada anggota, intinya saya hanya ingin KAI bersatu agar menjadi role model organisasi lainnya dan lebih dari itu sebuah organisasi kembali pada marwahnya. (Elwan)