Personel Damkar Kota Cirebon saat evakuasi korban reruntuhan akibat gempa. Hms/Kris

KOTA CIREBON.- Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DKPP) Kota Cirebon datang langsung ke lokasi terjadinya gempa bumi di Kabupaten Cianjur dengan menerjunkan 15 personel.

Dipimpin langsung Kepala Dinas DKPP Adam Nurudin, para personel ikut membantu evakuasi korban hingga memberikan bantuan.

“Hari pertama, kami berkoordinasi dengan pemda dan BPBD setempat melakukan penyelamatan dan evakuasi korban gempa yang masih dibawah reruntuhan di daerah Rancagoong Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Dan langsung memberikan sejumlah paket sembako,” ujar AdamĀ  melalui sambungan telepon, Rabu (23/11/22).

Masih kata Adam, pada hari kedua, pihaknya membagikan air bersih untuk warga di sejumlah titik pengungsian sementara, maupun warga yang masih bertahan di rumahnya masing-masing.

Selain itu pihaknya juga membawa bantuan logistik, seperti makanan, susu untuk anak-anak di pengungsian.

“Hari kedua, kami juga membawa sejumlah kebutuhan makanan untuk korban gempa. Khususnya di Desa Gasol Kecamatan Cugenang. Karena tempat itu yang paling terdampak parah akibat gempa,” ungkapnya.

Adam berharap, bantuan ini setidaknya bisa meringankan beban warga setempat yang saat ini tengah terkena dampak musibah gempa bumi. Pihaknya akan terus berada di lokasi bencana, hingga tahapan tanggal darurat selesai.

“Personil Damkar Kota Cirebon yang diturunkan ke lokasi Gempa Kabupaten Cianjur sebanyak 15 orang. Kami juga membawa unit Truk Damkar untuk pembagian air bersih,” tuturnya. (Kris)