Teknologi Ultra-WideBand Galaxy S21 Ultra 5G

0
131

Samsung Galaxy S21 Ultra 5G yang dirilis beberapa waktu lalu, memiliki sejumlah peningkatan. Ada pula sebuah teknologi baru yang dibawa namun belum banyak dibicarakan, yakni Ultra-WideBand (UWB). Apa itu UWB?

Fungsi utama UWB adalah untuk melacak lokasi secara lebih presisi. Namun, UWB juga bisa digunakan untuk transfer data secara nirkabel yang menggunakan gelombang radio selayaknya Bluetooth atau WiFi.

Namun jangkauan UWB jauh lebih luas ketimbang Bluetooth dan WiFi. UWB juga bisa digunakan untuk menangkap data spasial dan terarah dengan sangat akurat. Semua ini karena UWB beroperasi pada frekuensi yang sangat tinggi yakni bandwidth 500 Mhz.

Teknologi UWB juga lebih presisi ketimbang Bluetooth atau WiFi yang memanfaatkan kekuatan sinyal untuk menentukan jarak dan lokasi. UWB bisa dimanfaatkan untuk mengirim data dengan jangkauan sekitar 182 meter melalui frekuensi yang minim gangguan.

Namun, transfer data bukan tujuan utama penggunaan UWB. Teknologi tersebut akan lebih bermanfaat untuk meningkatkan koneksi perangkat Internet of Things dan ekosistem cerdas yang saat ini mulai menjadi tren.

Misalnya, UWB juga bisa melacak barang yang hilang melalui ponsel seperti halnya Smart Tag yang diklaim mempunyai jangkauan hingga radius 120 meter dengan menghubungkan ponsel pada aplikasi SmartThings.

Karena UWB memiliki tingkat akurasi yang sangat tinggi, maka perangkat dengan UWB bisa bisa melacak objek dalam kondisi diam, bergerak, mendekat atau menjauh.

Teknologi UWB pada Galaxy S21 Ultra 5G telah mengalami peningkatan dari generasi sebelumnya. Ponsel dengan UWB nantinya juga bisa digunakan untuk membuka pintu rumah atau pintu mobil dalam jarak yang dekat.

Dikabarkan, Samsung juga telah bekerja sama dengan pabrikan mobil untuk menghadirkan kunci mobil pintar dengan teknologi UWB.