Ilustrasi Teknologi

Teknologi adalah seluruh sarana untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Pemanfaatan teknologi di setiap bidang berbeda-beda.

Salah satu tanda perkembangan zaman yaitu adanya teknologi yang mulai masif digunakan. Perkembangan teknologi yang semakin maju dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan yang semakin baik. Lantas, apa sebenarnya teknologi itu?.

Pengertian Teknologi Secara bahasa teknologi berasal dari bahasa Yunani yaitu tekhnologia yang merupakan gabungan dari “techne” dan “logos”. Tehcne berarti art or skill sedangkan logos berarti science of study. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, teknologi adalah seluruh sarana untuk menyediakan barang-barang yang dibutuhkan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Sementara itu, definisi teknologi menurut para ahli sebagai berikut:

1. Menurut Capra.

Teknologi adalah pembahasan sistematis atas seni terapan atau petukangan. Hal ini sesuai dengan literatur Yunani yang mengacu pada kata techne yang artinya wacana seni. Advertisement

2. Menurut Manuel Castells.

Teknologi ialah kumpulan alat, aturan, dan prosedur sebagai bentuk penerapan pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam kondisi yang memungkinkan terjadi pengulangan.

3. Menurut Gary J. Anglin.

Pengertian teknologi adalah penerapan ilmu perilaku, alam, dan pengetahuan lainnya secara sistematis untuk menyelesaikan permasalahan manusia. 00:19 / 00:20

4. Menurut Miarso.

Definisi teknologi adalah bentuk proses yang bisa meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu yang tidak terpisah dari produk lain yang telah ada.

5. Menurut Poerbahawadja Harahap.

Teknologi merupakan kata yang digunakan untuk menyebutkan ilmu pengetahuan yang mengulik tentang cara kerja dalam bidang teknik. Jenis Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari Saat ini, teknologi sudah hadir di berbagai bidang sesuai dengan kebutuhan manusia.

Adapun jenis teknologi yang biasa ditemukan di kehidupan sehari-hari sebagai berikut:

1. Teknologi Bidang Informasi Teknologi informasi atau TI adalah teknologi yang mempermudah manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dengan cepat dan tepat. Teknologi ini terdiri atas perangkat lunak dan keras yang dibutuhkan untuk menyampaikan informasi tersebut. Contoh teknologi informasi antara lain; website, televisi, radio, dan lain sebagainya.

2. Teknologi Bidang Komunikasi Jenis teknologi lainnya yaitu teknologi komunikasi. Teknologi ini membantu menusia untuk berkomunikasi antar sesamanya dengan menggunakan perangkat tertentu. Jenis teknologi ini yang mungkin saat ini paling terasa di kehidupan manusia. Contoh teknologi komunikasi yaitu email, smarphone, aplikasi pesan singkat.

3. Teknologi Bidang Transportasi Teknologi transportasi merupakan perangkat yang membantu manusia melakukan perpindahan dari satu tempat ke tempat lain dalam waktu yang cepat. Kehadiran teknologi ini membuat mobilitas manusia lebih efisien. Contoh teknologi ini yaitu kereta api, pesawat, kereta listrik, mobil listrik, dan lain sebagainya.

4. Teknologi Bidang Pendidikan Siapa sangka jika di dalam sistem pendidikan juga terdapat unsur teknologi. Jenis teknologi ini diciptakan untuk meningkatkan kinerja pembelajar. Beberapa contoh teknologi pendidikan yaitu metode pengajaran, alat laboratorium, pembelajaran daring, dan lain sebagainya.

5. Teknologi Bidang Kesehatan Jenis teknologi ini digunakan dalam kegiatan medis. Teknologi kesehatan atau medis memiliki cakupan yang sangat luas. inovasi teknologi di bidang ini bermanfaat untuk memelihara kesehatan manusia, mengurangi rasa sakit, dan mempercepat pemulihan. Contoh teknologi di bidang ini yaitu termometer, stetoskop, alat suntik, infus, software konsultasi kesehatan, dan lain sebagainya.

6. Teknologi Bidang Konstruksi Jenis teknologi ini berhubungan dengan alat dan cara yang digunakan dalam membangun struktur bangunan baik dari struktur dasar atau tingkat lanjutan. Contoh teknologi ini yaitu alat berat untuk konstruksi, metode kerja konstruksi, dan lain sebagainya.

7. Teknologi Bidang Pertanian Di bidang pertanian atau agrikultur juga menggunakan teknologi berupa mesin atau teknik budidaya tertentu. Tujuannya yaitu untuk meningkatkan produksi pertanian. Contoh teknologi ini yaitu, traktor, alat pengering hasil panen, mesin pemilah bibit, dan lain sebagainya.

8. Teknologi Bidang Arsitektur Teknologi arsitektur adalah komponen dari rekayasa bangunan dan arsitektur yang berhubungan dengan metode konstruksi, desain bangunan, dan bahan bangunan. Teknologi ini diperlukan untuk keperluan desain bangunan baik interior atau eksterior. Contoh teknologi arsitektur yaitu rekayasa bangunan, desain bangunan, dan lain sebagainya.

9. Artificial Intelligence (AI) AI adalah cabang ilmu komputer yang bertujuan untuk mencapai kecerdasan yang ditujunjukkan oleh mesin. Teknologi ini terdiri dari beberapa disiplin ilmu seperti matematika, filsafat, ekonomi, komputer, teknik, psikologi, ilmu saraf, dan teori kontrol. Contoh teknologi AI yaitu Google, asisten virtual, fitur rekomendasi di platform digital, dan lain sebagainya.

Teknologi Bidang Bisnis Teknologi dalam bidang bisnis ini merupakan penerapan beberapa ilmu seperti sains, teknik, data, dan informasi. Teknologi dalam bidang bisnis sangat membantu bisnis kecil dan UMKM, sehingga usaha tersebut bisa bersaing dengan usaha yang sudah besar. Contoh teknologi dalam bidang bisnis yaitu fitur transaksi online, pemasaran menggunakan internet, dan lain sebagainya.

Manfaat Teknologi dalam Kehidupan Sehari-hari Selain terbagi menjadi beberapa jenis, teknologi juga memberikan banyak manfaat di segala bidang. Berikut ini beberapa manfaat teknologi dalam kehidupan sehari-hari: Mempermudah penerimaan informasi. Mempemudah komunikasi antar manusia. Membuat belajar lebih efektif dan efisien. Mempermudah diagnosis suatu penyakit. Mempermudah transaksi keuangan.

Sumber : diambil dari beberapa sumber