Tata Ruang Kota Cirebon, Kacau

0
569

KOTA CIREBON,- Kota Cirebon, kota yang berkembang menjadi Kota Metropolitan terus terlihat pembangunan dibeberapa tempat. Namun, pihak pengelola pemerintahan, sepertinya kurang memperhatikan unsur tata ruang yang baik.Hal ini disampaikan oleh pemerhati Kota Cirebon, Priyo Andi Dwiwoko kepada Inapos, Rabu (15/11/2017).

“Penataan tata ruang di Kota Cirebon ini, menurut saya sangat kacau. Tidak memperhatikan aturan yang ada dan terkesan asal membangun atau memberikan ijin untuk membangun. Terlihat pembangunan di seputar jalan Cipto, sepertinya aturan di tabrak semua”, ujar Priyo dengan sedikit kesal.

Priyo menambahkan, banyak pembangunan gedung-gedung yang sepertinya tidak mengindahkan aturan yang berlaku.

“Seperti yang terjadi di jalan. Cipto, pembangunan gedung-gedung diduga telah menabrak aturan yang ada. Sungai-sungai kecil yang menghiasi Kota Cirebon telah hilang karena gedung-gedung tersebut membangun diatas sungai. Seperti berdirinya Hotel Citradream yang menutup sungai di wilayah Pekiringan”, tambahnya.

Aturan yang dilanggar ini juga diakui oleh Kepala Bidang Sumber Daya Air (Kabid-SDA) Dinas PUESDM Kota Cirebon, Syarif di ruang kerjanya.

“Secara aturan sih memang betul melanggar, tapi saya tidak mengerti karena saya masih baru di posisi ini”, jawab Syarif yang baru enam bulan menjabat sebagai Kabid SDA ini.

“Ya, memang harus dibongkar jika menutup aliran sungai”, jelas Syarif seperti ada yang ditutupi ketika ditanyakan apakah membangun diatas sungai diperbolehkan.

Syarif memberikan alasan bahwa pembangunan yang tidak sesuai aturan tersebut dikarenakan belum adanya Peraturan Daearah (Perda) yang mengatur pembangunan diatas sungai. (Cep’s)