Tanggulangi Covid-19, Polri Dukung MUI Gagas Garnas

0
18

JAKARTA,- Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengapresiasi dan mendukung hadirnya Gerakan Nasional Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) dalam upaya menanggulangi pandemi COVID-19 dan memulihkan ekonomi umat.

“Polri mendukung Gerakan Nasional MUI untuk Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi karena murni mengemban misi kemanusian. ‘No politics, no business’, tapi murni kemanusiaan,” kata Direktur Sosial dan Budaya (Dirsosbud) Badan Intelijen dan Keamanan (Baintelkam) Polri, Brigjen Pol Arif Rahman di Jakarta, Selasa (3/8/2021).

Dirsosbud Baintelkam Polri mengemukakan keterangan tersebut mewakili Kapolri, Jendral Polisi Listyo Sigit Prabowo pada launching Gerakan Nasional MUI untuk Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi dengan topik “Komitmen bersama Gerakan Nasional Majelis Ulama Indonesia” di Gedung MUI Jakarta.

Acara itu juga dihadiri secara langsung oleh perwakilan berbagai pihak terkait yaitu dari BUMN PT. Biofarma dan Indofarma, Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Kementerian Sosial, kalangan pengusaha, serta dari lembaga filantropi Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Dompet Dhuafa.

Selain itu, peluncuran Gerakan Nasional MUI untuk Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi tersebut juga diikuti secara daring oleh para pengurus MUI di daerah-daerah dan pengurus berbagai Ormas Islam di seluruh Tanah Air.

Menurut Brigjen Pol Arif Rahman, pasca libur Idul Fitri yang lalu jumlah korban COVID-19, baik yang sakit atau meninggal mengalami lonjakan yang signifikan. Tapi setelah diterapkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), jumlah korban virus Corona cenderung mengalami penurunan. “Tapi kita tak boleh lengah, apalagi ada virus Corona varian delta yang lebih menular. Karena itu, kami mendukung Gerakan Nasional Penanggulangan COVID-19 yang digagas MUI. Gerakan ini perlu didukung berbagai pihak, sehingga ketersediaan obat-obatan, tabung oksigen dan kegiatan vaksinasi diharapkan tidak lagi menjadi masalah,” katanya.

Sebelumnya, MUI bersama jajaran TNI dan Polri sukses menyelenggarakan vaksinasi di Kota Tua Jakarta pada 17 Juli 2021. Vaksinasi berjalan lancar dan melebihi target. Dari target 1.000 peserta, ternyata yang divaksin mencapai 1.655 peserta.

Selanjtnya, MUI, TNI dan Polri pun sukses menyelenggarakan vaksinasi bagi warga Jakarta dan sekitarnya di gedung Jakarta Convention Center (JCC) atas kerjasama dengan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pada 24 hinggga 26 Juli 2021.

Sementara itu, Sekjen MUI, Buya Amirsyah Tambunan dalam arahannya pada peluncuran Gerakan Nasional Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi dengan topik “Komitmen bersama Gerakan Nasional Majelis Ulama Indonesia” itu mengemukakan bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa pejuang.

Dalam hubungan itu pula, Buya Amirsyah berharap, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2021 ini bisa menjadi momentum bagi kemerdekaan bangsa Indonesia dari pandemi COVID-19.

Sekjen MUI juga mengingatkan, penanganan COVID-19 tidak bisa hanya dilakukan oleh Pemerintah, sehingga MUI berkomitmen untuk membantu penanggulangan pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi umat dan bangsa Indonesia dengan membentuk Gerakan Nasional Penanggulangan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi.

Buya Amirsyah menambahkan, Gerakan Nasional MUI itu sendiri berskala nasional dengan melibatkan organisasi massa Islam, lembaga filantropi, dan seluruh jaringan MUI Kabupaten/Kota sebagai pemangku konsolidasi dan solidaritas kemanusiaan. (Red).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here