Tak Ada Porsi Anggaran, Nakertrans Tak Bisa Datangkan Warga Transmigrasi

0
410

MOROTAI, – Kendati sudah berulang-ulang kali Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai mendatangkan warga transmigrasi dari Pulau Jawa ke Morotai. Namun, untuk tahun 2018 Pemkab Morotai enggan mendatangkan warga pindahan menyusul tidak ada porsi anggaran untuk warga pindahan.

 

“Untuk mendatangkan warga transmigrasi butuh anggaran, tapi karena anggarannya tidak ada, maka kami tidak bisa datangkan,” ucap Kadis Nakertrans, Ahdad Hi Hasan, Senin (15/10).

Menurutnya, anggaran untuk mendatangkan warga transmigrasi sudah diusulkan ke lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), tapi sayangnya usulan anggaran tersebut tidak setejui oleh lembaga yang dinahkodai oleh, Fahri Hairuddin ini.

“Sudah diusulkan, tapi kalau tidak setejui, ya mau bagaimana lagi,” cetus Ahdad.

Ia juga mengaku, terdapat sejumlah warga yang mempersoalkan Pemkab Morotai yang enggan datangkan warga transmigrasi ini. Tapi dirinya tidak bisa berbuat banyak, karena terbentur persoalan anggaran.

Kata dia, terdapat dua puluh tiga daerah yang mendapatkan jatah datangkan warga transmigrasi termasuk Morotai didalamnya. Selain yang disebut terdapat sejumlah tenaga ahli salah satunya tenaga pertanahan juga dibutuhkan sebagai salah satu syarat untuk datangkan warga transmigrasi.

“Tugas dari tenaga ahli ini, mengecek langsung tanah yang bakal di domisili warga transmigrasi, jika tanah tersebut menurut tenaga ahli cocok, maka rekomendasikan ke dinas kemudian dinas tindaklanjuti, untuk mengusulkan datangkan warga transmigrasi tersebut,” pungkasnya.

Lanjut dia, dari sejumlah syarat yang di sebut, anggaran yang menjadi faktor utama jika ingin mendatangkan warga tranmigrasi, karena untuk datangkan warga pindahan dari Pulau Jawa ini sejumlah fasilitas berupa perumahan harus disediakan terlebih dahulu.

“Warga transmigrasi kapan saja bisa didatangkan asalkan ada anggarannya,” tutup Ahdad. (min)