Tak Ada Kompromi Terhadap Jaksa Nakal

0
308

Jakarta.- Kejaksaan Agung telah melakukan pembersihan di internalnya, antara lain jaksa nakal yang tergolong masuk daftar pelanggaran etik, diberikan sanksi administratif.

Hal itu demi terciptanya marwah Adhyaksa yang tetap independen dalam menjalankan fungsinya.

Menanggapi persoalan jaksa yang nakal. Keluarga Besar Purna Adhyaksa juga menekankan agar para jaksa yang nakal selain mendapatkan sanksi administratif. Apabila terbukti melakukan pelanggaran kode etik, harus diproses hukum sebagaimana yang telah diatur dalam Undang-undang.

Menurut Jaksa Agung M. Prasetyo, pihaknya selalu melakukan penertiban dugaan penyimpangan para jaksa, baik sebelum maupun sesudah kejadian.

Sebagai langkah preventif, pihaknya terus mengingatkan para jaksa agar menghindari tindakan menyimpang atau melanggar hukum.

“Kami selalu memberikan arahan, instruksi dan perintah untuk benar-benar menjaga integritas, meningkatkan disiplin dan profesionalitas, melaksanakan tugas secara obyektif, dan profesional, terhindar dari penyimpangan-penyimpangan,” ucapnya, di Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (21/7/2019).

Kemudian, Prasetyo menegaskan bahwa ia akan menindak tegas dan tidak berkompromi terhadap jajarannya yang melakukan perbuatan tercela.

“Kalaupun ada yang melakukan itu, ya tentunya harus ditindak dan kejaksaan dalam hal ini Jaksa Agung tidak akan pernah ada kompromi, untuk perbuatan menyimpang jaksa yang ada selama ini,” ujar Prasetyo. (Elwan)