INAPOS, MUARABUNGO – Kantor Bahasa Provinsi Jambi mengadakan penyuluhan bahasa indonesia ragam pers untuk memperkuat penggunaan bahasa di media massa.

Kegiatan ini berlangsung di Kampus STIA Setih Setio Muarabungo. Rabu (19/09).

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari ini yaitu dari tanggal 18 hingga 19 September 2019 menghadirkan narasumber antara lain Kepala Kantor Bahasa Jambi (KBJ).

Kepala KBJ Syaiful Bahri Lubis,S.S. menjelaskan kegiatan ini bisa membuat penguatan dan pembekalan bagi jurnalis dalam pembuatan berita karena pengaruh berita bagi masyarakat sangatlah kuat apalagi dengan era globalisasi yang lebih maju ini.

“Untuk itu dalam penggunaan bahasa Jurnalis haruslah menggunakan bahasa yang baku, dipahami oleh pembaca,”tuturnya

Syaiful melanjutkan tujuan kegiatan ini untuk terus mengasah kemampuan jurnalistik agar apa yang disampaikan ke pembaca bisa dipahami oleh pembaca.

“Kegiatan ini membahas tentang kajian media massa, pengawasan bahasa media massa dan penyuluhan bahasa media massa,” ujarnya

Syaiful berharap kepada rekan-rekan media, temuan atau hasil kajian yang diperoleh Kantor Bahasa Provinsi Jambi harus di tindaklanjuti, terutama kesalahan yang seharusnya tidak terjadi.

“Harapan kami, teman-teman media yang menjadi guru atau rujukan bagi masyarakat dalam hal penggunaan bahasa,” tutupnya. (Ares)