Surat Penagihan DSP Berkop Komite Sekolah SMKN 2 Kota Cirebon, Disoal

0
568

INAPOS, KOTA CIREBON– Surat penagihan Dana Sumbangan Pendidikan (DSP) yang dikeluarkan oleh Komite Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kota Cirebon dipersoalkan oleh beberapa Perkumpulan atau LSM di Kota Cirebon.

Surat penagihan yang disoal tersebut karena berkop surat Komite Sekolah SMKN 2 Kota Cirebon.

“Surat ini jelas melanggar ketentuan Permendikbud yang menyatakan bahwa Komite Sekolah dilarang menarik sumbangan maupun pungutan,” jelas Joni dari LSM Penjara Indonesia kepada Inapos,, Senin (15/077/2019) saat hendak menemui Kepala Sekolah SMKN 2 Kota Cirebon.

Pertemuan antara LSM Penjara Indonesia, Lakin dan LSM Perkara dengan Wakasek SMKN 2 Kota Cirebon

Demikian juga disampaikan oleh Priyo Andi Dwiwoko yang merupakan Koordinator Lembaga Kajian dan Investigasi Nusantara (Lakin) ditempat yang sama.

“Dalam Permendikbud Nomor 75 tahun 2016 menegaskan bahwa Komite Sekolah, baik perseorangan maupun kolektif dilarang melakukan pungutan daribpeserta didik atau orang tua/walinya. Tapi dalam surat yang dikeluarkan oleh Komite Sekolah tersebut jelas bahwa seolah-olah bahwa komite sekolah yang melakukan penarikan DSP tersebut,” tegas Priyo.

Saat dikonfirmasikkan persoalan ini kepada pihak sekolah SMKN2 Kota Cirebon, bahwa surat tersebut hanya pemberitahuan.

“Komite tidak pernah menarik iuran atau pungutan apapun di sekolah kami. Surat itu hanya pemberitahuan kepada orang tua siswa bahwa berapa tunggakan biaya yang harus mereka bayar,” jelas Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) SMKN 2 Kota Cirebon, Sarjono didampingi Loeloes R Hakim selaku Humas SMKN 2 Kota Cirebon.

Namun ketika Joni mempertanyakan mengapa surat tersebut ber-kop Komite Sekolah dan tidak ber-kop SMKN 2 Kota Cirebon, Sarjono tidak bisa memberikan jawaban dengan alasan yang bisa memberikan jawaban langsung Ketua Komite Sekolah.

“Lebih baik, besok kembali lagi agar dapat bertemu langsung dengan Ketua Komite, karena beliau yang bisa menjawab,” elak Sarjono. (Cep’s)


Komentar Anda?