0 2 min 6 tahun

KOTA CIREBON.- Akibat intensitas hujan yang tinggi didaerah hulu, beberapa sungai yang ada dikota Cirebon meluap dan menggenangi beberapa wilayah yang ada di Kota Cirebon. Sabtu, (24/2).

Kepala Kantor Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Kota Cirebon, melalui Supervisor Pusat Kendali Operasi (PUSDALOPS-PB) Aji Akbar mengungkapkan, ada beberapa titik banjir dibeberapa wilayah di Kota Cirebon akibat dari luapan beberapa sungai.
“Banjir ini disebabkan karena meluapnya Sungai Suba dan Sungai Cawang karena intensitas hujan dari daerah hulu,” ungkap Aji saat dikonfirmasi via seluler.
Aji juga menjelaskan banjir melanda wilayah kelurahan Drajat, Kelurahan Kalijaga, Kelurahan Harjamukti dan Kelurahan Kecapi.
“Di Rt 04/01 Drajat ketinggian air mencapai 70 cm, 4 KK yang terdampak, di Rt 03/10 Griya Pesona Kalijaga ketinggian air 30 cm dengan 1 KK yang terdampak, di Rt 05/03 Kalijaga Kramat ketinggian air mencapai 1 m dengan 25 KK yang terdampak, di Rt 07/03 Kalijaga Kramat ketinggian air mencapai 1,5 m, 71 rumah terendam dan Rt 08/03 Kalijaga Kramat ketinggian air mencapai 1 m dengan 34 terdampak. Di Rt 01, 02/05 Penyuken ketinggian air mencapai 50 cm dengan 57 KK terdampak, serta di Rt 01,03,08,09 Rw 03 Dukuh Semar ketinggian air mencapai 110 cm dengan 89 KK yang terdampak,” jelasnya.
Adapun upaya yang telah dilakukan, pihaknya berkoordinasi dengan pengurus Rt, Rw, Kelurahan setempat, PMI untuk memantau langsung serta mengevakuasi korban banjir tersebut.
“Kami sudah melakukan koordinasi langsung kepada pihak pihak terkait untuk dapat menanggulangi bersama sama,” tuturnya.
Pemerintah Kota Cirebon melalaui KPBD memberikan bantuan  korban yang terkena dampak banjir terebut.
“Kami, Pemerintah Kota Cirebon melalui KPBD Kota Cirebon memberikan bantuan kepada RW 03 Dukuh Semar bantuan berupa 29 mie instan cup kepada korban banjir. Dan di RW 05 Penyuken memberikan bantuan berupa 27 mie instan cup,” pungkasnya.