Sukseskan Asian Games, Polres Ciko Gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral

0
276

KOTA CIREBON.- Untuk menyukseskan gelaran Asian Games 2018, Polres Cirebon Kota gelar Rapat Koordinasi Lintas Sektoral ke 2 Operasi Among Raga Lodaya 2018 dalam Rangka Pengamanan Asian Games ke XVIII di Mapolres Cirebon Kota, Jl. Veteran Kota Cirebon, Selasa (14/8).

 

Acara ini untuk menetapkan berbagai personil dari lintas sektoral yang diterjunkan untuk membantu mengamankan dan mengawal para atlet dari hotel menuju venue.

Kapolres Cirebon AKBP Roland Ronaldy mengatakan, bahwa sesuai dengan perintah langsung dari Kapolri untuk mensukseskan gelaran Asian Games 2018 ini. Dan bagi yang tidak, maka akan dianggap sebagai pengkhianat bangsa. Karena itu, bersama lintas sektoral, jajarannya berupaya memberikan pengamanan dan pengawalan bagi para atlet. Salah satunya adalah, mengawal dan mengantar para atlet dari hotel ke venue selama 40 menit. Begitu pun sebaliknya.

“Untuk mewujudkan hal tersebut, maka kita menempatkan berbagai personil di sepanjang jalur yang akan dilewati,” jelasnya.

Adapun pihak TNI, dalam hal ini Kodim 0614/Kota Cirebon dan Kodim 0620/Kabupaten Cirebon akan menempatkan 25 personil di hotel tempat atlet dan official menginap, serta di beberapa titik jalur pengawalan.

Untuk Satpol PP Kota Cirebon maupun Kabupaten Cirebon, masing-masing akan menerjunkan sebanyak 30 personil untuk melakukan pengamanan dari unsur gelandangan, pak ogah, pengemis, dan oknum-oknum yang berpotensi menyebabkan gangguan Kamtibmas. Mereka akan berpatroli 3 kali sehari.

Sementara dari Dinas Kesehatan juga ditempatkan berbagai tenaga-tenaga medis dari Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat di hotel tempat menginap, ring 1, ring 2, ring 3, dan ring 4. Tenaga medis tersebut berasal dari Indramayu, Sumedang, dan Majalengka. Mereka memastikan akan siap siaga selama 24 jam penuh.

Sedangkan menurut Transportation Liaison Officer Asian Games untuk cabang olahraga kano, Wijanarko Tatak, bahwa dari Inasgoc selaku panitia Asian Games 2018 akan menyediakan 6 unit bus ukuran 3/4 untuk mengantar para atlet di Aston Cirebon Hotel. Sedangkan untuk para official yang menginap di Swiss-Belhotel, disediakan sebanyak 2 unit bus ukuran 3/4.

“Kita akan mulai mendatangkan dan menggunakan bus tersebut pada tanggal 16 Agustus nanti,” jelasnya.

Sedangkan untuk jadwal dan kapan mereka akan pergi menuju venue, Tatak mengaku belum mendapatkan jadwalnya. Karena, hal tersebut bukan merupakan ranahnya.

“Itu harusnya bagian Departement Transportation divisi Akomodasi di Jakarta. Meskipun begitu, teknisnya besok akan ada simulasi, sebab tidak mungkin melakukan langsung 11 negara untuk patwal,” pungkasnya. (Kris)