Soal Virus Corona, DPRD dan Kadinkes Kota Cirebon Minta Masyarakat Tak Panik

0
257

KOTA CIREBON.- Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon dr. Tresnawaty meminta masyarakat Kota Cirebon tidak perlu panik menanggapi wabah virus Corona yang sedang terjadi.

“Tak perlu panik, kan kita tidak kontak langsung dengan korban positif virus Corona disana (Depok – red),” ujar Tresna usai mengunjungi SMPN 18 Cirebon, Selasa (3/3/20).

Menurutnya meskipun virus corona belum ditemukan vaksinnya, bukan berarti virus ini tidak bisa dicegah. Yang penting untuk pencegahan yakni masyarakat harus menjaga kesehatan dan lingkungan sekitar.

“Kita harus jaga kesehatan dan kebersihan lingkungan sehingga terhindar dari virus Corona,” tandasnya.

Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Edy Sugiarto mengatakan, masyarakat tidak perlu panik berlebihan terhadap adanya virus Corona yang mulai masuk ke Indonesia. Alangkah baiknya jika masyarakat menjaga kesehatan lingkungan sekitar, minum air putih yang cukup, rajin mencuci tangan, dan bersikap rasional dalam menanggapi sesuatu.

“Lebih baik fokus kepada upaya pencegahannya seperti menjaga kesehatan tubuh dan kebersihan lingkungan,” jelasnya.

Edy menjelaskan, virus Corona ini bisa menular dalam jarak tertentu, biasanya sekitar 2 meter. Sehingga, jika berada di jarak 10 meter, maka akan aman. Virus ini biasanya menular lewat pernapasan atau batuk.

Edy menuturkan, terdapat tiga komponen yang mempengaruhi sebuah virus bisa menjangkiti seseorang, yakni host (inang), environment (lingkungan), dan agent (virus). Jika host atau inang dan lingkungannya jelek, maka virus akan mudah masuk ke tubuh manusia.

“Jadi, kita harus memutus mata rantai dari ketiga komponen tersebut, agar virus tidak bisa menular,” pungkasnya. (Kris)