Soal Tawuran, Kadisdik : Kami Lakukan Konsensus Dengan Instansi Terkait

0
176

KOTA CIREBON.- Dinas Pendidikan Kota Cirebon memberi perhatian serius soal fenomena tawuran antar kelompok yang di dominasi kalangan pelajar. Pihaknya telah melakukan konsensus dengan beberapa pihak diantaranya Polres Cirebon Kota dan Kodim 0614/Kota Cirebon.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Drs. Irawan Wahyono saat ditemui beberapa waktu yang lalu.

“Konsensus ini diambil karena diperlukan penanganan bersama terkait persoalan tawuran antar sekolah,” ungkapnya.

Menurutnya, persoalan ini tidak bisa diselesaikan oleh Disdik saja, pihaknya beserta PGRI, Kantor Kementrian Agama, beserta Polres Ciko dan Kodim 0614 sudah melakukan konsensus tentang bagaimana menangakal tawuran ini.

“Sesuai dengan tugas, pokok, dan Fungsi dari tenaga pengajar, Disdik Kota Cirebon telah melakukan pembelajaran dengan pengembangan kurikulum Khususnya dengan Bimbingan Mental lewat Pendidikan Agama Islam dan Pengembangan Kurikulum tersebut bukan hanya bersifat Formal, tapi juga yang bersifat Informal,” jelasnya.

Pengembangan pendidikan Agama Islam itu bukan hanya terpaku pada jam pelajaran yang telah ditentukan saja, misalnya sebelum pelajaran dimulai murid terlebih dahulu membaca Al-quran dan juga menggelar Shalar berjamaah.

Ia menyebut, pada akhir Bulan Januari ini, berdasarkan Kesepakatan dengan beberapa pihak, Disdik Kota Cirebon akan menggelar Tabligh Akbar dengan melibatkan pelajar sebagai jamaah pengajian secara bergantian yang akan dilaksanakan secara bergiliran di Tiga Wilayah.

“Tanggal 30 (Januari) nanti sesuai kesepakatan bersama kita akan laksanakan pengajian Tabligh Akbar yang pesertanya itu pelajar, Pengajian itu akan dilakukan secara bergantian di Tiga Wilayah, bahkan bisa Empat” Ujar Irawan.

Disdik Kota Cirebon menyambut baik langkah dari Polres Cirebon Kota dengan melakukan Sambang ke Sekolah-sekolah. Dirinya merasa, apa yang dilakukan oleh Polres Ciko dengan menjadi Inspektur Upacara bisa memberikan Edukasi kepada para Siswa agar tidak melakukan tindakan yang melanggar Hukum.

Irawan juga berharap, dengan apa yang dilakukan Polres Cirebon Kota bisa efektif dan berjalan sesuai dengan apa yang diinginkan sehingga tindak kriminal yang dilakukan oleh para remaja khususnya tawuran antar pelajar bisa dikurangi bahkan bisa dihilangkan. (Kris)