Soal Rumah Rusak, Ketua DPRD : Apakah Pembiayaan dari Pemkab atau Gotong Royong

0
465

BENGKAYANG.- Terkait musibah angin puting beliung beberapa hari yang lalu yang melanda Desa Samalantan, Desa Marunsu dan Desa Bukit Serayan Kecamatan Samalantan Kabupaten Bengkayang.

Dalam hal ini pemangku kebijakan daerah untuk bersama sama mencari solusinya dalam membantu warga terdampak musibah tersebut.

Ketua DPRD Bengkayang Fransiskus S,Pd M, Pd mengatakan Pemerintah Kabupaten Bengkayang bersama DPRD Kabupaten Bengkayang akan selalu sinergis pada musibah angin puting beliung yang menerjang pemukiman warga Kecamatan Samalantan pada hari kamis (9/7/2020) kemarin.

“Kemarin saya turun ketempat musibah ada beberapa rumah yang ambruk sudah tidak bisa ditempati lagi oleh warga,” ujarnya kepada inapos, Jum’at (10/7/20).

Oleh karnanya, kita bersama Pemerintah Daerah, Camat dan Desa bersama sama melakukan pembangunan rumah warga itu sendiri.

Dalam kesempat ini pihaknya akan mencoba mencari solusi, seperti apa langkahnya. “Pastinya tujuan kita bersama, apakah pembiayaan dibantu oleh pemerintah atau pembangunan nya nanti sistem gotong royong tentunya kita musyawarahkan bersama,” jelasnya.

Menurut data yang dihimpun berbagai sumber, kerugian materil rumah rusak berat 35 unit,rumah rusak ringan 64 unit, rumah rusak sedang 11unit.

Sedangkan 1 orang warga luka berat. Begitu juga warga yang terdampak bencana adalah188 KK dengan jumlah 422 jiwa.Dalam kejadian musibah itu tidak ada memakan korban jiwa. (Yulizar)