SMPN 4 Kota Cirebon Gelar Resital Seni dan Budaya

0
307
KOTA CIREBON.- Untuk menumbuhkan rasa cinta dan karakter anak-anak terhadap kesenian tradisional di Nusantara. SMPN 4 Kota Cirebon gelar Resital Seni dan Budaya, Sabtu (11/1/20).

Para siswa -siswi menampilkan mulai dari teatrikal, tari tradisional, modern dance denagn kostum yang berwarna warni untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pertunjukan tersebut.
Kepala Sekolah SMP Negeri 4 Kota Cirebon, Sumiyati mengatakan pentas seni dan budaya ini untuk menumbuhkembangkan karakter anak – anak agar lebih percaya diri, berani tampil dan mendapatkan pengetahuan tentang kesenian khususnya kesenian tradisional.
“Ini akan menjadikan anak untuk lebih mandiri berkat seni dan budaya,” ujarnya.
Masih kata Sumiyati, untuk yang tampil pada pentas seni dan budaya ini siswa – siswi dari kelas 9 yang berjumlah 11 kelas. Mereka menampilkan berbagai keterampilan seni dan budaya.
“Mereka menampilkan kesenian khas Cirebon seperti
Terdapat 11 kelas dari siswa-siswa kelas 9  SMP Negeri 4 Kota Cirebon yang menampilkan ketrampilan seni drama teatrikal tentang Sunan Gunung Jati dan Putri Ong Tien. Tetapi ada juga kesenian dari daerah lain,” katanya.
Ia menambahkan, untuk siswa kelas 7 dan 8 mereka mendukung acara tersebut dengan membuka bazar dengan harapan untuk belajar wirausaha.
Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon, Irawan Wahyono mengapresiasi penampilan siswa – siswi SMPN 4 Kota Cirebon yang masih mau mengangkat seni tradisional Nusantara.
“Saya bangga, di usia yang masih SMP mau melestarikan seni budaya Nusantara khususnya Cirebon,” ujar Irawan.
Ia berharap, kegiatan ini jangan sampai cepat merasa puas, akan tetapi harus berani melakukan evaluasi seni dan budaya, yang akan selalu meningkat baik kualitas dan kuantitasnya.
“Junjung tinggi kehormatan budaya sendiri,” pungkasnya. (Kris)


Komentar Anda?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here