SMA Negeri 4 Pangkalpinang Gelar Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia

0
13

Inapos.com Pangkalpinang — Menigkatkan kemanpuan untuk berbahasa, SMA Negeri 4 Pangkalpinang menggelar kegiatan Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI), Rabu (15/9/2021).

Adapun untuk pelaksanaan kegiatan diikuti 160 siswa Siswi SMA Negeri 4 ini dilaksanakan bekerjasama dengan Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dikatakan Kepala Sekolah SMAN 4 Kota Pangkalpinang Siti Rofiqoh SPdegiatan dibagi menjadi dua sesi, yakni pada pukul 08.00 WIB dan pukul 10.00 WIB.

“Alhamdulillah hari ini SMAN 4 Pangkalpinang melaksanakan UKBI untuk siswa. Terimakasih kami ucapkan kepada Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang bersedia bekerjasama dengan SMA kami,” ujarnya

Dijelaskan Ibu Vivi, sapaan akrab Kepsek SMAN 4 Pangkalpinang ini, UKBI adalah suatu kegiatan uji kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia, yang dapat diikuti oleh seluruh jenjang pendidikan.

UKBI sangat penting bagi siswa, karena dapat meningkatkan keterampilan berbahasa, yang terdiri dari keterampilan mendengar membaca berbicara dan menulis, yang merupakan keterampilan dasar berbahasa.

“Kita harus berbangga bahwa Indonesia memiliki UKBI yang bisa menjadi alat untuk menguji kemahiran berbahasa Indonesia. Seperti TOEFL untuk menguji kemampuan berbahasa Inggris. UKBI juga dimaksudkan untuk menguji kemampuan dan kemahiran seseorang dalam berbahasa Indonesia,” jelas Vivi.

Hasil dari kegiatan ini, kata Vivi, peserta akan memperoleh laporan hasil uji berupa sertifikat yang diterbitkan oleh badan pengembangan bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Kemendikbud Ristek.

“Harapan besar dari kegiatan ini adalah siswa SMA Negeri 4 Pangkalpinang akan mempunyai keterampilan berbahasa yang baik. Kegiatan ini akan diikuti seluruh siswa SMA Negeri 4 secara bertahap,” tukas Vivi.

Kegiatan ini dipantau langsung oleh Kepala Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Babel. (TRAS).(Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here