Sidak ke Rutan Klas I Cirebon, Tim Satops Patnal Kanwil Jabar Temukan Barang Terlarang

0
113

KOTA CIREBON.- Tim Satuan Operasi Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Kanwil Kemenkumham Jawa Barat bersama Tim Satops Patnal Ciayumajakuning lakukan Inspeksi mendadak (Sidak) dan Tes Urine di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Cirebon, Kamis (4/3/21) malam.

Kegiatan tersebut di pimpin Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat , Imam Suyudi didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Syafar Pudji Rochmadi, Kepala Divisi Administrasi Ngadiono Basuki, Kepala Divisi Keimigrasian Heru Tjondro, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Heriyanto Dan Kepala Rutan Cirebon Renharet Ginting.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat Imam Suyudi menyampaikan, kegiatan sidak ini merupakan bentuk tindak lanjut arahan Direktur Jenderal Pemasyarakatan terkait Deteksi Dini Pemberantasan Handphone, Pungli dan Peredaran Narkoba (HALINAR).

“ini salah satu deteksi dini dari gangguan ketertiban dan keamanan dan pencegahan peredaran maupun penggunaan di dalam Lapas dan Rutan,” ujarnya.

Lebih lanjut Imam melanjutkan, kegiatan ini merupakan agenda yang akan rutin dilaksanakan guna mencegah dan meminimalisir adanya peredaran barang-barang terlarang dan berbahaya di dalam Lapas dan Rutan di Wilayah Jawa Barat.

Ia menjelaskan, dari hasil penggeledahan dari seluruh Blok Hunian Rumah Tahanan Kelas I Cirebon masih ditemukan barang terlarang seperti Gunting, Korek Api Gas, Speaker, Handsfree, Power Bank, Cutter, Charger dan sejenisnya, namun tidak ditemukan narkoba. Dan dilaksanakan Tes Urine dilakukan secara acak terhadap 2 orang WBP setiap kamar dengan hasil negatif.

“Ke depan hal – hal seperti ini semoga tidak lagi terulang dan bisa menciptakan Lapas dan Rutan bebas dari HALINAR.

Selanjutnya, barang-barang hasil penggeledahan tersebut akan diproses lebih lanjut untuk diamankan dan dimusnahkan. (Kris)