Rabu, Juni 19, 2024

SHM Tanah PLTU Kanci Unit 1, Dituding Tanpa Dasar

Date:

Share post:

KABUPATEN CIREBON,- Pernyataan PT. Cirebon Power Service (CPS) atau Cirebon Elektrik Power (CEP) selaku  pengelola Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Kanci Unit 1, menyatakan bahwa status tanah yang dipergunakan PLTU Kanci Unit 1 telah bersertifikat hak milik (SHM) menuai kecaman dan dituding SHM tersebut tanpa dasar.

“Untuk PLTU Unit 1 Cirebon Power, sudah sejak lama seluruhnya berstatus Sertifikat Hak Milik (SHM)”, jawab Head of Communication PT Cirebon Power, Yuda Panjaitan beberapa waktu lalu. Baca juga : Diduga, Puluhan Hektar Tanah Belum Dibayar PLTU Kanci I

Pernyataan Yuda tersebut membuat beberapa warga sebagai pemilik lahan yang belum dibayar oleh PT. CEP geram dan kesal. Kekesalan tersebut diungkapkan pula oleh Kasidin kepada Inapos, Senin (03/04/2018).

“Dasarnya apa SHM itu, sedangkan tanah adik saya saja belum dibayar,” ujar Lelaki yang juga menjabat Ketua RT : 01 / RW : 05, Dusun 03, Desa Kanci Kulon, Kecamatan Astanajapura, Kabupaten Cirebon.

Kasidin melanjutkan bahwa tanah milik adiknya seluas sekira 3500 meter belum juga dibayar PT.CEP atau CPS walau telah dijanjikan akan dibayar melalui rapat bersama.

“Dari pertama kami masyarakat melakukan pertemuan dengan mereka (CEP) tidak ada titik terang, pertemuan kedua pun masih sama hingga sekarang, eh sekarang malah saya mendapat kabar semua tanah sudah SHM, ini ngaco.” paparnya.

Bukti kepemilikan tanah atas nama Aisah

Berdasarkan hasil penelusuran Inapos, pernyataan Kasidin tersebut sesuai pula dengan temuan bahwa pemilik tanah dengan bukti kepemilikan Akta Jual Beli atas nama Aisah dengan No 186/PPATJB/AST/1997 dengan luas sekira 2 Ha pun hingga saat ini belum di bayar oleh PT.CEP atau PT.CPS.

Sr Manager HR & Corporate Affairs PT CEP, Yusuf Arianto tidak mau memberikan komentar saat diminta tanggapannya terhadap persoalan yang terjadi.

“Bukan saya yang bisa memberikan komentar, tapi Pak Yuda. Beliau adalah Head of Communication, Kepala Bagian Komunikasi Cirebon Power yang diberikan wewenang untuk menjadi spoke person dari Cirebon Power,” jawab Yusuf melalui pesan Whatsappnya, Selasa (04/04/2018). (Cep,s)

spot_img

Related articles

Sambut Hari Bhayangkara Ke-78, Polda Metro Jaya Gelar Olahraga Bersama Forkopimda

JAKARTA.- Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Karyoto, S.I.K. pimpin Upacara Pembukaan rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara Ke-78 Tahun 2024...

Pertamina RU VI Balongan Tebar 132 Hewan Kurban, Bantu Masyarakat Sekitar Merayakan Iduladha

BALONGAN.- Dalam rangka merayakan Idul Adha 1445 H, PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan kembali...

Polda Metro Jaya Bongkar Sindikat Uang Palsu Rp 22 Miliar di Jakarta Barat

JAKARTA.- Polda Metro Jaya berhasil mengungkap sindikat pengedar uang palsu dengan barang bukti senilai Rp 22 miliar di...

Rutan Cirebon Rayakan Iduladha 1445 H dengan Berbagai Kegiatan dan Pembagian Daging Kurban

KOTA CIREBON.- Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas I Cirebon melaksanakan perayaan Idul Adha 1445 H pada 10 Zulhijah...