Selasa, Juni 25, 2024
BerandaPolitikSerentak 34 Provinsi PSI Daftarkan Diri ke KPUD 

Serentak 34 Provinsi PSI Daftarkan Diri ke KPUD 

Inapos, Jakarta.- Partai Solidaritas Indonesia (PSI) telah melakukan pendaftaran partai politik calon peserta pemilihan umum 2019. PSI memilih tanggal 10 Oktober 2017 pukul 10 pagi, dengan memulai arak-arakannya dengan Tari Piring khas Padang dan Tari Selamat Datang khas Papua di Menteng, Jakarta.

“Sepuluh itu angka yang sakral. Angka sepuluh ini kami ambil dari kutipan Bung Karno: ‘Berikan saya sepuluh pemuda dan saya akan mengguncang dunia’. Perjuangan PSI yang berjiwa muda inilah yang melatar belakangi tanggal 10 Oktober pukul 10 pagi sebagai waktu serentak pendaftaran ke KPUD bagi PSI se-Indonesia,” ujar Grace Natalie, Ketua Umum PSI Jakarta dalam pidatonya di depan KPU RI (10/10/17).

DPP PSI sendiri mengawali pawai dari Kantor Insfrastruktur PSI di Jalan Lembang 47, Menteng, menuju Kantor KPU RI di Jalan Imam Bonjol, Menteng. Pawai ini juga diikuti oleh Ketua Umum PSI, Grace Natalie, dan serta Ketua DPP PSI Tsamara Amany dan Isyana Bagoes Oka. Hadir pula bakal calon legislatif PSI seperti Giring Ganesha dan Hariyanto Arbi.

DPW PSI DKI Jakarta sendiri juga akan mendaftar ke KPUD wilayah masing-masing. PSI Jakarta membawa berkas form anggota berjumlah 9000 lebih.

“Minimal, PSI butuh 1100 anggota per wilayah agar lolos verifikasi faktual. KPU nanti akan mendatangi para anggota tersebut secara acak untuk memastikan keanggotan,” ujar Rian Ernest, Wakil Ketua PSI DKI Jakarta.

Sebagai partai baru, tentu PSI harus bekerja lebih keras untuk menggaet banyak anggota dan mendokumentasikan dengan baik demi verifikasi KPU ini.

“Beberapa waktu, dokumen keanggotaan PSI Sulawesi Utara dan Sumatera Selatan dirampok orang tak dikenal. Tapi kami tidak menyerah, bahkan PSI se-Indonesia yang memang didominasi anak muda rela begadang berhari-hari untuk merapihkan dan memastikan bahwa berkas kami siap diverifikasi,” jelas Elva Farhi, wakil sekretaris PSI DKI Jakarta.

PSI optimis akan lolos verifikasi KPU, sehingga PSI bisa konkrit membawa wajah-wajah baru politik yang membawa energi baru positif: anti korupsi dan anti intoleransi.

Sekretaris Jenderal PSI, Raja Juli Antoni mengatakan pendaftaran ke KPU adalah bagian dari keseriusan PSI untuk menyerahkan dokumen verifikasi partai. Menurut dia kedatangan PSI ke KPU bukan sekedar menyerahkan dokumen secara administratif, melainkan lebih dari itu adalah harapan dari rakyat Indonesia.

“Sebagai partai alternatif bagi masyarakat, juga harapan baru dan amanah dari rakyat Indonesia,” kata Raja Juli Antoni.

PSI telah menyiapkan dokumen administrasi yang dimasukkan dalam 150 kotak plastik. Seluruh berkas-berkas administrasi ini akan dibawa dalam pawai dengan menggunakan 10 mobil pick up.

Raja Juli Antoni  optimistis PSI  bisa lolos verifikasi KPU. Alasannya, PSI telah memiliki 650 anggota  di 34 provinsi di Indonesia. “Artinya sudah melampaui syarat yang ditetapkan Undang-Undang,” kata Raja Juli.

Menurut dia ada 523 calon anggota legislatif dari PSI yang berasal dari berbagai latar belakang profesi. Mereka, ujar Raja, menyatakan siap maju bersama PSI. Raja mengklaim mereka akan menjadi ujung tombak antikorupsi dan antiintoleransi di Indonesia. (Elwan)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -    

Most Popular

Recent Comments