Selesaikan Soal Tawuran, Pemkot, Kodim dan Polres Ciko Gelar Rakor

0
309
KOTA CIREBON.- Maraknya tawuran pemuda di Wilayah hukum Kota Cirebon akhir Рakhir ini mendapat respon sangat serius dari Pemerintah Daerah Kota Cirebon, Polres Cirebon Kota dan Kodim 0614/Kota Cirebon.

Terbukti dengan digelarnya rapat koordinasi (rakor) bertempat di Ruang Kerja Wali Kota Cirebon dipimpin Pj Sekda Kota Cirebon Drs. Anwar Sanusi dan dihadiri Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy, Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Herry Indriyanto, Kepala SKPD, PJU Polres Ciko dan para Camat, Kamis (16/1/20).
Kapolres Cirebon Kota AKBP Roland Ronaldy mengungkapkan, pihaknya menyambut baik inisiatif Pemkot Cirebon untuk memfasilitasi rapat dalam rangka penyelesaian kejadian tawuran yang sudah masif.
“Fenomena yang ada saat ini para pelaku tawuran menggunakan media sosial khususnya instagram,” ungkap Roland.
Roland mengatakan, permasalahan tawuran ini akan mengganggu dan menghambat kebijakan Wali Kota. Karena dengan adanya tawuran pemuda menyebabkan idiom Kota Cirebon tidak aman.
“Harus komprehensif dalam penanganan ini dan butuh strategi bersama serta tidak ada ego sektoral,” katanya.
Ia menambahkan, Tim Cyber Polres Cirebon Kota sudah bekerja maksimal sehingga kegiatan preventif maupun represif bisa berjalan dengan baik, namun terkendala dengan kewenangan.
Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Wali Kota Cirebon Drs. Abidin menyampaikan, perlu penyelesaian jangka panjang yang komprehensif dengan menyalurkan ke kegiatan positif.
“Contoh dengan melatih seni, bisa tradisional maupun modern, atau olah raga. Otomatis dengan merubah system kurikulum pendidikan di sekolah-sekolah dengan menggunakan anggaran yang tepat guna,” jelasnya.
Sementara itu, Dandim 0614/Kota Cirebon Letkol Inf Herry Indriyanto menambahkan, Kejadian tawuran sudah dibahas dengan Wali Kota dan sedianya akan dibentuk tim.
“Pelaku tawuran dibawah umur, Kejaksaan dan Pengadilan diharapkan dapat mempertimbangkan usia saat vonis,” pungkasnya. (Kris)