Sejumlah Guru Kab Bengkayang Keluhkan Tunjangan Profesi Guru Belum Cair

0
157

BENGKAYANG.- Sejumlah guru di Kebupaten Bengkayang yang telah memenuhi syarat Sertifikasi mempertanyakan Tunjangan Profesi Guru (TPG).

Pasalnya sampai saat ini dana tersebut belum di cairkan oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkayang.

Salah satu keluhan datang dari Sadarikus Adel, S.Pd. Guru SDN 17 Lulangk mengatakan, dirinya mempertanyakan haknya sebagai guru yang sampai saat belum juga keluar, padahal Surat Pertanggungjawaban (SPJ) sudah ditandatangani.

“Saya mempertanyakan hak – hak kami sebagai guru baik SD maupun SMP yang ada di Kabupaten Bengkayang yang sudah dapat tunjangan Profesi Guru sesuai sertifikasi. Kenapa sampai saat ini tunjangan kami belum dikeluarkan sedangkan Surat Pertanggungjawaban (SPJ)sudah kami tandatangani,” ucap Adel kepada inapos.com, Senin (17/5/21).

Ia menjelaskan, biasanya setelah tanda tangan SPJ uangnya sudah cair dan terhitung mulai bulan Januari 2021 hingga saat ini, bahkan tahun 2020 masih tertunda satu bulan yaitu bulan Desember.

“Kami berharap agar segera melakukan pencairan anggaran ini, sebab kami butuh biaya hidup dan kami sudah hutang  sana sini,” lirihnya.

Ditempat terpisah salah seorang Guru yang tidak mau di sebutkan namanya sangat berharap, kalau memang anggaran sudah ada seharusnya sudah bisa dicairkan.

“Untuk proses pencairan anggaran tersebut, SPJ sudah kami tanda tangani.Ini bukti bahwa anggaran sudah siap,” lugasnya.

Seandainya ada kendala teknis, sambung dia, tentunya ada informasi yang seharusnya dinas sampaikan kepadanya agar tidak banyak asumsi.

“Harusnya sampaikan saja, agar kami tidak banyak membuat asumsi dan nantinya tidak merugikan banyak pihak,” tandasnya. (Yulizar)