Cakupan Total Vaksinasi Kabupaten Buton Utara

INAPOS, BUTUR – Kendatipun level pandemi di Kabupaten Buton Utara masuk di angka level 2, komitmen capain vaksinasi tetap berlangsung guna mencapai target nasional. Hal ini terbukti dari laporan Satgas Penanganan Covid-19 yang masih menargetkan capaian sararan vaksinasi pada pelayan public, lansia, masyarakat umum, remaja dan anak usia 6 – 11 tahun yang masih terjangkau.

Hal itu disampaikan Juru bicara Covid-19 Buton Utara, dr Muhammad Ali Badar kepada awak media ini, Sabtu, 12 Maret 2022.

“Meskipun Buton Utara dalam kondisi level 2 dan berada pada zona kuning, kami tetap komitmen tuntaskan vaksinasi. Tak kenal lelah para tim melaksanakan vaksinasi hingga kami lakukan secara door to door di beberapa masyarakat desa yang masih minim tingkat kesadarannya untuk melakukan vaksnasi,” terangnya.

Ali sapaan akrabnya menegaskan, Buton Utara selama beberapa bulan ini berada dalam level 2 sesuai ketentuan pemerintah pusat. Namun demikian, bukan berarti masyarakat dan seluruh pihak terkait penanganan Covid-19 dapat serta merta tak menghiraukan protocol kesehatan. “Kondisi ini kita lalui bersama, bukan karena apa! Kita diajarkan untuk senantiasa hidup sehat di tengah pandemi ini, entah itu siapa pun. Kita ini Buton Utara, mari bersama-sama lawan pandemi ini tatkala kita adalah pejuang bagi kesehatan masyarakat dalam mewujudkan kehidupan ekonomi social normal,” terangnya.

Data Perkembangan Covid-19 Buton Utara

Terkait perkembangan harian Covid-19, Ali yang juga bertugas sebagai dokter yang senangi pasien karena budi pekerti baiknya disalah satu Puskesmas di Buton Utara itu menyampaikan sejak tanggal 9 – 12 Maret hari ini masih nihil atau tidak terdapat penambahan kasus konfirmasi baru. “Hal ini bukan masalah sepele, setiap hari besar menimbulkan penambahan kasus konfirmasi baru. Sekiranya kita semua menyadari hal itu. Tetap taati protocol kesehatan dan kurangi aktivitas dan kegiatan kumpul-kumpul masa di luar,” tegas Ali.

Sementara itu, jumlah kumulatif kasus konfirmasi di Buton Utara sebanyak 326 orang, dengan rincian; sebanyak 259 orang sembuh, 24 orang meninggal dan tersisa 43 orang dalam perawatan.