Samsung M20 Smartphone Kalangan Menengah Yang Megah

0
505

Samsung sebagai salah satu vendor Smartphone kembali melakukan inovasi dalam menghadirkan sebuah revolusi dalam dunia gadget. Perusahan asal Korea Selatan ini menjelma menjadi salah satu pemain utama yang maju dalam menghadirkan smartphone berkelas dengan kualitas yang sudah teruji selama ini.

Saat ini Samsung masih menjadi salah satu penguasa dalam pasar smartphone dunia. Hal ini tidak terlepas dari kerjasama yang dilakukan oleh Samsung dengan android atau si robot hijau. Berkat kerja sama tersebut Samsung selalu menghadirkan smartphone untuk berbagai kalangan, mulai dari menengah ke bawah hingga kalangan menengah ke atas. Harga yang ditawarkan HP Samsung ini pun sangat beragam.

Salah satunya Samsung M20 yang dikategorikan masuk dalam kalangan menengah ke bawah, M20 hadir dengan berbagai keunggulan yang tak kalah dari smartphone lainnya. Yuk disimak ulasan tentang Samsung M20?

Desain

Galaxy M20 desainnya memang tidak benar-benar baru, tapi berubah dari pakem vendor asal Korea Selatan itu selama ini. Ia termasuk ponsel perdana Samsung yang mengusung notch, sebutannya kata mereka Infinity U.

Sekilas, Galaxy M20 mirip dengan deretan ponsel vendor China dengan wujud sejenis yang sudah banyak bermunculan. Tapi mungkin bagi Samsung, terlambat mengikuti tren lebih baik dibanding tidak sama sekali.

Dengan sedikit tonjolan notch, layarnya pun tampak penuh. Bezelnya cukup tipis walau di bagian bawah berbeda sendiri, agak tebal. Pada bagian belakang, akan dijumpai dua kamera vertikal di sudut kiri atas, ditambah lampu flash di bawah. Pemindai sidik jari diletakkan di tengahnya.

Di sisi kiri, pengguna akan menjumpai slot untuk memasukkan dua kartu SIM dan kartu microSD, dapat menampung ketiganya sekaligus. Lantas di sebelah kanan seperti biasa, ada tombol volume dan di bawahnya tombol power. Di bawah, ada speaker, colokan earphone standar serta port USB Type C.

Dengan ukuran layar 6,3 inch, Galaxy M20 lumayan besar. Tapi ia mantap digenggam dan ternyata terasa kompak. Mungkin karena terbantu bahan pembuatannya yang dari plastik polycarbonate sehingga tidak licin. Ya mungkin untuk menekan ongkos, Galaxy M20 sepenuhnya terbuat dari plastik.

Secara umum, wujud Galaxy M20 tidak terlihat murahan serta kokoh, walau juga tak bisa dibilang istimewa. Cukup baik dan merupakan desain standar di kelasnya. Ada catatan sayangnya, bodi maupun layar ponsel ini rentan tergores. Jadi siapkan casing dan pelindung layarnya.

Performa

Dari segi performa kecepatan dengan 1.8 GHz Kryo 260 Gold, RAM 3 gigabyte dan prosesor Exynos 7904 Octacore, ponsel ini tidak lemot ketika membuka banyak aplikasi atau bermain game.

Kamu bisa membuka berbagai aplikasi dalam satu waktu, bahkan ponsel ini menyediakan fitur pop-up view maupun split screen yang memudahkan ketika harus bekerja dengan dua aplikasi.

Samsung Galaxy M20 ini digadang-gadang sebagai #SobatAntiLowbat atau bukan lagi ‘soulmate’ powerbank. Dan ternyata, kapasitas baterai 5000 mAh membuatnya bertahan selama lebih dari 1 hari pemakaian yang cukup aktif.

Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk memakai berbagai fitur dan mengaktifkan ponsel selama seharian penuh. Untuk mengisi daya, ponsel ini tidak membutuhkan waktu lama. Kamu hanya perlu menunggu sekitar 2 jam hingga full charge.

Kamera

Kamera ganda Galaxy M20 masing-masing resolusinya 13 megapixel aperture f/1.9 dengan tambahan 5 megapixel bukaan f/2.2. Sedangkan kamera depan 8 megapixel. Seandainya kameranya berkualitas di semua kondisi, Galaxy M20 bisa dikatakann mendekati sempurna untuk ukuran ponsel kelas menengah.

Jika cahaya cukup atau di luar ruangan, Galaxy M20 tidak kesulitan menjepret foto yang memadai bahkan seringkali impresif. Warna yang dihasilkannya natural walau memang jika diamati seksama atau diperbesar, kurang mendetail meringkus obyeknya.

Barulah saat kondisi cahaya rendah, M20 agak kesulitan meskipun juga tidak bisa dikatakan buruk. Kadang foto yang dijepret kabur, kadang lumayan. Disayangkan pula, Samsung juga tak menyertakan mode malam di handset ini.

Ada beberapa mode foto yang dapat diakses di bagian atas interface kamera dengan mudah. Yaitu Panorama, Pro, Beauty,Live Focus, Auto, Stickers dan Continous Shot. Live Focus untuk menghasilkan efek bokeh bekerja dengan baik.

Untuk kamera depan, asalkan dalam kondisi cahaya terang, hasilnya lumayan. Tapi kalau sudah redup sekelilingnya, pengguna tak dapat mengharapkan hasil yang impresif. Memang ada bantuan layar sebagai lampu flash, tapi tak cukup membantu.

Gaming

Setelah performa, aspek pengujian selanjutnya adalah kebutuhan gaming. Gaming saat ini juga penting bagi konsumen. Bagi mereka yang gemar bermain game, smartphone dengan kemampuan tersebut kini banyak diminati. Apalagi saat ini banyak vendor smartphone menyematkan embel-embel smartphone gaming pada perangkat dagangannya. Berbekal spesifikasi yang kami beberkan di atas, Samsung Galaxy M20 memang capable untuk diajak bermain game. Sekali pun dengan ukuran dan kebutuhan grafis yang lumayan berat. Boleh lah dibuktikan sendiri.

Bicara kebutuhan gaming, perangkat ini kami uji untuk memainkan beberapa game secara simultan. Game pertama adalah PUBG Mobile dengan aliran RPG. Siapa tak kenal game PUBG Mobile saat ini. Mengatasi kebutuhan tembak menembak, berlari, mengendarai kendaraan lari dari kejaran musuh, Samsung Galaxy M20 mampu mengatasinya tanpa kendala.

Namun begitu, ketika memulai game untuk kali pertama, setting grafis langsung otomatis menyesuaikan di mode ‘Medium’. Peroforma gaming-nya halus, rendering lancar tanpa kesan patah-patah dan buntutnya kami bisa memenangkan permainan hingga ‘Winner-winner Chicken Dinner’. Ketika perangkat kami paksa dengan setting grafis di mode ‘High’, Samsung Galaxy M20 terasa gelagapan. Kesan patah-patah dan lag cukup terasa.

Beralih ke game lain, ada game racing Garena Speed Drifters. Sama seperti PUBG Mobile, setting grafisnya juga otomatis menyesuaikan di mode ‘Medium’. Pada game ini, meski hanya di mode ‘Medium’, perangkat ini sudah bisa menampilkan grafis memukau dengan padanan warna yang pas. Game lainnya seperti aksi ngebut di jalan raya dengan Asphalt 9 atau Need For Speed No Limits, kami malahan tidak menemui kendala sama sekali. Respons layar dan performa berjalan baik dengan sedikit gejala lag.

Kesimpulan

Galaxy M20 telah dipasarkan di Indonesia seharga Rp 2,7 juta. Untuk kelas menengah, melihat spesifikasinya dan mempertimbangkan Samsung masih punya nama besar, smartphone ini menjadi pilihan yang patut diperhitungkan.

Kekuatan utamanya di layar yang lebar dan jernih serta tentu baterai tahan lama didukung isi ulang cepat. Desainnya pun telah ikut tren terkini. Ada pula beragam fitur termasuk pemindai sidik jari dan pemindai wajah. Hal itu menegaskan Galaxy M20 memang beda dari ponsel Samsung menengah yang keluar sebelumnya.

Tentu ada beberapa kompromi. Misalnya bodinya sepenuhnya dari plastik dan tidak tahan air, serta kameranya mungkin masih bisa ditingkatkan kualitasnya. Tapi secara keseluruhan, Galaxy M20 membuktikan Samsung mulai serius menebar ancaman besar pada rivalnya di kelas menengah. (Elwan)


Komentar Anda?